Liga Inggris 2020: Liverpool Tekuk Manchester United

Liga Inggris 2020:  Liverpool Tekuk Manchester United

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Laga North-West Derby penuh gengsi antara dua rival abadi dimenangkan oleh Liverpool setelah menekuk Manchester United pada pekan ke-23 Liga Inggris 2019/2020.

Menjamu sang musuh bebuyutan di Anfield pada laga yang dihelat Minggu (19/1/2020) malam dan berakhir Senin (20/1/2020) dini hari WIB, Liverpool menang dengan skor 2-0.

Unggul cepat lewat gol sundulan Virgil van Dijk dari skema tendangan penjuru direct pada menit ke-14, Liverpool sempat dibuat risau oleh resistensi Man United, maupun serangan-serangan tim tamu yang notabene cukup berbahaya.

Ya, Man United yang diprediksi bakal kalah secara komprehensif nyatanya mampu memberikan perlawanan dan membuat fans The Reds –julukan Liverpool– di Anfield lumayan ketar-ketir.

Sayang seribu sayang, pada akhirnya Man United harus menyerah setelah Mohamed Salah memastikan kemenangan 2-0 Liverpool lewat golnya di masa injury time, yang bermula dari serangan balik cepat hasil kreasi kiper Liverpool, Alisson Becker.

Kemenangan ini pun membuat Liverpool kian digdaya di puncak klasemen sementara Liga Inggris 2019/2020. The Reds mengoleksi 64 poin dari 22 laga yang telah dijalani.

Liverpool kini unggul 16 poin dari pesaing terdekat mereka, yakni Manchester City yang ada di peringkat kedua. Selain itu, Liverpool juga masih memiliki tabungan satu laga tunda.

Sementara itu, kekalahan membuat Man United gagal memperkecil gap poin mereka dengan tim peringkat keempat.

Man United ada di peringkat kelima dengan raihan 34 poin dari 23 pertandingan, terpaut lima poin dari Chelsea yang ada di batas zona top four.

Jalannya Pertandingan

Di 10 menit awal laga, Man United di luar dugaan mampu mendominasi ball possession, serta tak ragu dalam melancarkan serangan-serangan ke daerah lawan.

Namun, superioritas tersebut segera raib ketika sepak pojok Trent Alexander-Arnold ditanduk Van Dijk untuk membuka keunggulan Liverpool pada menit ke-14.

Gawang Man United kawalan kiper David de Gea lantas kebobolan dua kali lagi, tetapi VAR dan hakim garis sepakat menganulir dua gol Liverpool yang dicetak oleh Roberto Firmino dan Georginio Wijnaldum tersebut.

Man United yang kini terus ditekan akhirnya memperoleh peluang emas pada menit ke-41.

Sodoran Aaron Wan-Bissaka gagal dicocor Andreas Pereira yang berada merangsek ke mulut gawang tanpa terkawal. Ya, Pereira terlambat satu langkah saja sehingga tak mampu menjangkau bola. Nyaris!

Liverpool menebar ancaman lagi di pengujung babak pertama, ketika Firmino mengirim umpan matang kepada Sadio Mane.

Sayang, penyelesaian Pemain Terbaik Afrika itu digagalkan kaki kanan De Gea. Good save, gawang Man United masih aman!

Skor 1-0 untuk keunggulan Liverpool sendiri bertahan hingga turun minum.

Usai turun minum, Liverpool langsung tancap gas. Entah team talk seperti apa yang dilakukan manajer Liverpool, yang pasti tim tuan rumah benar-benar menggempur habis-habisan pertahanan Man United.

Setidaknya ada dua peluang berbahaya didapat hanya dalam lima menit, akan tetapi secara luar biasa penyelesaian Salah menyambut umpan tarik Andy Robertson melenceng dari sasaran.

Salah membuang peluang yang benar-benar emas ini dengan percuma, mengingat ia tinggal mencocor bola dari posisi yang sangat ideal. What a miss!

Tak lama berselang, sepakan kapten Liverpool, Jordan Henderson tertepis De Gea sebelum berakhir membentur tiang gawang.

Selepas 15 menit awal di paruh kedua, Man United akhirnya mulai settle down, bahkan juga merepotkan barisan pertahanan Liverpool dengan serangan-serangan mereka yang cukup berbahaya.

Selain itu, Man United juga lebih tenang dalam mengalirkan bola, tak ayal presentase ball possession mereka kembali membaik setelah awal paruh kedua benar-benar didominasi Liverpool.

Peluang emas pun kembali didapat. Martial melakukan one-two dengan Pereira, namun finishing nama terakhir di dalam kotak 16 benar-benar buruk meski ruang tembak sejatinya cukup terbuka.

Ya, sepakan Martial hanya melambung di atas mistar gawang kiper Alisson.

Setelah itu, kedua tim saling jual-beli serangan sampai laga memasuki menit-menit akhir yang krusial.

Menit ke-90+2, Man United mendapat sepak pojok dan hampir semua pemain mereka berada di kotak penalti Liverpool.

Namun, bola kiriman Juan Mata berhasil diamankan Alisson. Sang kiper pun langsung melepas umpan jauh ke Salah yang berdiri bebas di garis tengah.

Menggiring bola cukup jauh, Salah pun masuk ke dalam kotak penalti tanpa bisa dikejar pemain-pemain Man United.

One-on-one dengan kiper, Salah dengan dingin menaklukkan De Gea lewat sebuah sepakan mendatar. 2-0!

Tak lama kemudian, wasit pun meniup peluit panjang. Liverpool menutup laga dengan kemenangan 2-0 atas Man United.

Susunan Pemain

Liverpool XI (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Joe Gomez, Van Dijk, Robertson; Oxlade-Chamberlain/Lallana, Henderson, Wijnaldum; Salah, Firmino/Origi, Mane/Fabinho.

Pelatih: Jurgen Klopp (Jerman)

Manchester United XI (5-3-2): De Gea; Wan-Bissaka, Lindelof, Maguire, Shaw/Dalot, Williams/Greenwood; Matic, Fred, Andreas/Mata; James, Martial.

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer (Norwegia)