Sepak Bola

Liga Champions Asia 2020: Bali United Taklukan Tampines Rovers 5-3

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Bali United berhasik menaklukan wakil Singapura Tampines Rovers 5-3 pada play off pertama Liga Champions Asia 2020 di Stadion Jalan Besar, Kallang, Singapura, Selasa (14/1.2020).

Hasil ini membuat Bali United akan menghadapi wakil Australia, Melbourne Victory.

Bali United sebenarnya memulai laga ini dengan sangat baik karena berhasil unggul 2-0 dalam 13 menit. Dua gol tim tamu dicetak penyerang asal Belanda, Melvin Platje.

Gol pertama dicetak Platje lewat cara spektakuler usai memanfaatkan kesalahan umpan pemain Tampines. Platje melepaskan tendangan terukur hampir dari setengah lapangan untuk membuat skor jadi 1-0 pada menit kedelapan.

Lima menit berselang, Platje mencetak gol keduanya ke gawang Tampines. Umpan Stefano Lilipaly disambut tendangan keras Platje yang merobek gawang Tampines.

Tuan rumah tidak tinggal diam setelah kebobolan dua gol cepat. Peluang pertama pun didapat Tampines melalui Madhu Mohana tetapi tendangannya masih belum membahayakan gawang Wawan Hendrawan.

Upaya keras tuan rumah membuahkan hasil jelang babak pertama berakhir. Boris Kopitovic membobol gawang Wawan lewat tendangan dari jarak dekat setelah memenangi duel lawan Leonard Tupamahu dan membuat skor 1-2 bertahan hingga babak pertama usai.

Di awal babak kedua, Tampines bisa menyamakan skor jadi 2-2. Umpan terobosan dari lini tengah tidak disia-siakan Jordan Webb untuk melepaskan tendangan keras yang menggetarkan gawang Wawan.

Bali United merespons gol penyama kedudukan tuan rumah lewat peluang yang didapat Plajte pada menit ke-66. Akan tetapi tendangan first time Platje usai menerima umpan Paulo Sergio bisa digagalkan secara gemilang oleh Mohamed Rudy.

Dua menit berselang, Bali United malah tertinggal 2-3. Umpan Kopitovic dari dalam kotak penalti yang coba dibuang pemain Bali United malah berujung gol bunuh diri.

Bali United tidak tinggal diam setelah tertinggal untuk pertama kalinya di laga ini. Dua pemain yang punya kemampuan menyerang cukup baik yaitu M. Rahmat dan Gavin Kwan Adsit dimasukkan untuk mencetak gol penyama kedudukan.

Pergantian pemain itu terbukti tepat karena Rahmat bisa membobol gawang Tampines melalui tembakan first time pada menit ke-79. Hanya saja gol mantan pemain PSM Makassar itu dianulir karena berada dalam posisi offside.

Dua menit berselang, juara Liga 1 2019 itu akhirnya bisa menyamakan skor jadi 3-3. Umpan terobosan Lilipaly tidak disia-siakan Rahmat untuk membobol gawang Tampines melalui tembakan dari dalam kotak penalti.

Setelah itu kedua tim tetap bermain terbuka. Namun tidak ada gol lagi yang tercipta hingga laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Di awal babak perpanjangan waktu, Bali United dapat peluang emas lewat M. Rahmat. Umpan terobosan Paulo Sergio disambut tendangan Rahmat yang mengenai tiang kanan gawang Tampines.

Gol yang ditunggu-tunggu Bali United datang pada menit ke-100. Kerja sama apik antara Paulo Sergio dan Melvin Platje diakhiri umpan ke Lilipaly yang dengan mudah menyambar bola ke gawang kosong untuk membuat skor jadi 4-3.

Empat menit jelang babak perpanjangan waktu usai, Bali United menjauhkan keunggulan jadi 6-4. Tembakan keras pemain pengganti, Sidik Saimima yang sedikit membentur pemain belakang Tampines tak mampu digagalkan Rudy.

Hasil ini membuat Bali United akan menghadapi wakil Australia, Melbourne Victory pada babak kedua playoff Liga Champions Asia pada 21 Januari.

Susunan pemain

Tampines Rovers (4-3-3): Mohamed Rudy; Abd Aziz, Amirul Adli, Mark Bennett, Muhammad Shah; Madhu Mohana, Zehrudin Mehmedovic, Kyoga Nakamura; Irwan Shah Arismail, Boris Kopitovic, Jordan Webb.

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan; Andhika Wijaya, Leonard Tupamahu, Willian Pacheco, Ricky Fajrin; Fadil Sausu, Paulo Sergio, Brwa Nouri; Yabes Roni, Melvin Platje, Stefano Lilipaly. (WS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close