Nasional

Libur Lebaran Belum Ada Keputusan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Asman Abnur mengatakan bahwa libur Lebaran akan diumumkan segera.

Namun Asman Abnur tak memberitahu waktu pastinya.

“Segera diumumkan. Tunggu saja pengumumannya,” kata Asman, di Jakarta, Jumat (4/5/2018).

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri juga enggan mengomentari terkait hasil akhir cuti bersama tahun ini.

Ia hanya mengatakan, cuti bersama akan diumumkan segera oleh Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

“Itu nanti oleh Menko PMK,” jelasnya singkat.

Sebelumnya, baik Menteri PAN RB dan Menteri Ketenagakerjaan sudah meneken Surat Keputusan Bersama (SKB) Nomor 707 Tahun 2017, Nomor 256 Tahun 2017, Nomor: 01/Skb/Menpan-Rb/09/2017 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018, cuti bersama dalam rangka perayaan lebaran 2018 ditetapkan pada 13,14,18 dan 19 Juni 2018.

Penetapan cuti bersama tersebut dibuat dengan mengasumsikan perayaan lebaran jatuh pada 15-16 Juni 2018. Namun, pemerintah memutuskan untuk menambah masa cuti bersama tiga hari setelah lebaran yaitu tanggal 11, 20, dan 21 Juni.

Hanya saja, pemerintah mengevaluasi lagi urgensi penambahan hari cuti bersama dengan mempertimbangkan dampak ekonomi, sosial, hingga keagamaan.

Menko PMK Puan Maharani mengatakan, keputusan akhir mengenai libur Lebaran seharusnya meluncur Jumat ini.

“Nanti kami akan kumpul dulu semua kementerian dengan mengundang pihak-pihak terkait dan itu kami akan sampaikan kembali dalam waktu satu dua hari ini,” jelas Puan dua hari lalu.

Untuk itu, Menko PMK kemarin telah mengajak Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, serta pengusaha untuk memutuskan cuti bersama. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close