Internasional

Lembaga Antariksa Eropa Prediksi Sebuah Asteroid akan Tabrak Bumi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Lembaga antariksa Eropa (ESA) yang tengah memberi perhatian khusus pada batuan angkasa yang melintas dekat orbit bumi atau asteroid 2019 SU3.

Mengutip laman Fox News, Sabtu (12/10/2019), asteroid ini diprediksi akan bertabrakan dengan bumi, 20 tahun dari sekarang.

Asteroid 2019 SU3 baru-baru ini ditambahkan ke Daftar Risiko ESA karena potensi untuk bertabrakan dengan bumi pada 16 September 2084.

“The Risk List merupakan sebuah katalog seluruh objek yang berpotensi mengalami tabrakan dengan Bumi,” kata ESA dalam website-nya.

Ditambahkan, tiap entry berisi rincian Bumi yang memiliki risiko dampak tertinggi, termasuk tanggal, ukuran, kecepatan, dan probabilitasnya.

ESA menyebut, objek yang telah diteliti digolongkan dalam empat kategori yakni mendesak, perlu, berguna, dan prioritas rendah.

ESA dalam laporannya juga mengatakan, kemungkinan, jarak asteroid 2019 SU3 dengan Bumi sejauh 0,00079 astronomical units (au) atau sekitar 73.000 mil, pada 2084 mendatang.

Sementara itu, menurut lembaga antariksa Amerika Serikat NASA, asteroid yang dikategorikan berbahaya bagi Bumi adalah yang berjarak 0,05 au dengan Bumi. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close