Lelang Mobil Toyota Supra 1994 'Fast and Furious' Laku Rp7,9 Miliar

Lelang Mobil Toyota Supra 1994 'Fast and Furious' Laku Rp7,9 Miliar
Toyota Astra Motor

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Toyota Supra tahun 1994 dari franchise Fast & Furious yang ditawarkan oleh rumah lelang ternama Barrett-Jackson terjual seharga US$550.000 atau setara Rp7,9 miliar (kurs Rp14.489).

Pelelangan yang dilakukan di Las Vegas tersebut menjadi rekor penjualan Supra dengan harga termahal di dunia dan diperkirakan akan bertahan dalam kurun waktu yang cukup lama.  

Supra 1994 ditawarkan ini muncul dalam dua film pertama dari seri populer, "The Fast and the Furious" (2001) dan "2 Fast 2 Furious" (2003) dan dikendarai oleh mendiang aktor Paul Walker di lokasi syuting.

Adegan paling seru dari mobil ini ditampilkan menjelang film berakhir, yakni saat Paul Walker (Brian O'Connor), menggunakan Toyota Supra balapan dengan Dominic Toretto (Vin Diesel) yang menggunakan Dodge Charger 1970.

Dengan kelir Candy Orange dari Lamborghini Diablo bersama grafis Nuclear Gladiator pada bagian bodi, tampilan eksteriornya sangat mencolok. Visualnya juga ikut diperbarui dengan body kit Bomex, kap mesin TRD, sayap belakang alumunium APR, dan pelek 19 inci dari Dazz Motorsport Racing Hart M5.

Tak hanya luar, interior juga ikut mendapat rombakan meski statusnya sebagai mobil properti film. Mulai dengan paduan warna hitam dan biru yang menjadi layout utama sampai ragam meter cluster aftermarket di bagian dasbor, bagian kemudi, serta head unit.

Kondisinya juga diklaim sangat terawat untuk seukuran mobil yang secara usia sudah tak muda lagi. Mesin 2JZ-GTE enam silinder berkubikasi 3.000 cc dengan turbocharged yang bersarang di bawah kap mesin masih standar bawaan pabrik. Lelang Toyota Supra Paul Walker ini direncanakan berlangsung pada 17-19 Juni 2021.