Kriminal

Lecehkan Amien Rais, Mantan Direktur PT Indosat Dilaporkan ke Mabes Polri

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Mantan Direktur PT Indosat Syakieb Sungkar dilaporkan Ikatan Alumni Mahasiswa Muhammadiyah ke Bareksim Polri.

Pelapora ini, karena Syakieb dinilai telah melecehkan Amien Rais melalui akun facebook-nya.

Pada Senin 25 Juni 2018 pukul 21.08 WIB, Syakieb menggunggah foto berwajah Amien Rais namun dengan tubuh yang bertelanjang dada disertai kain compang camping yang terlilit di pinggang. Ditambah lagi, tanpa menggunakan alas kaki.

“Nampak dideskripsikan sebagai seorang gelandangan atau orang gila yang tidak pantas,” kata kuasa hukum alumni IMM, Wa Ode Nur Zaenab di Bareskrim Polri, Rabu (27/6/2018).

Kata dia, Syakieb sebagai seorang intelektual, terpelajar, profesional, lulusan universitas ternama di Bandung, serta tentu paham akan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), tak seharusnya mengunggah foto tersebut.

“Yang bersangkutan tidak selayaknya lakukan hal demikian, posting foto seorang tokoh yang merendahkan dengan sedemikian rupa,” sebut Wa Ode.

Atas perbuatannya, Syakieb diduga tidak hanya melanggar pasal 27 ayat 3 dan 28 aya 2 UU ITE, dia juga dinilai melanggar pasal 28 ayat 2 di undang-undang yang sama.

Sebab, Amien katanya merupakan tokoh bangsa, agama, dan orang yang memiliki peran penting di kalangan Muhammadiyah. “Ini sudah masuk ke SARA sebenarnya,” tegas Wa Ode.

Dalam laporannya, pihaknya menyertakan barang bukti berupa postingan gambar yang diunggah Syakieb. Dia berharap dengan lapotan ini menjadi pelajaran bagi mereka yang berniat menghina martabat seseorang atau kalangan tertentu di sosial media.

Sementara itu, Sekjen Alumni IMM Azrul Tanjung mengaku pihaknya sangat tersinggung dengan postingan tersebut.

“Kita anggap tidak pantas, tidak senonoh karena dilakukan secara terbuka di media sosial Facebook, ya kita melaporkan beliau. Saya berharap segera Polri mengusut kasus ini sebagaimana seharusnya,” pungkas Azrul di samping Wa Ode. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close