Ekonomi

Lebaran, Tol Transjawa Bisa Dilalui Pemudik

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Direktur Utama Waskita Toll Road (WTR) Herwidiakto mengatakan pihaknya menargetkan bisa mengoperasikan 437,5 kilometer (km) ruas tol di Transjawa tahun ini. Sehingga, masyarakat bisa menggunakan tol Transjawa untuk mudik.

“Paling tidak, sebagian besar ruas tol sebelum Lebaran nanti kami usahakan bisa beroperasi, sehingga dari Jakarta ke Surabaya tembus,” kata Herwidiakto, Selasa (10/4).

Beberapa ruas tol Transjawa yang ditargetkan rampung tahun ini, yaitu Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Pemalang-Batang, Pejagan-Pemalang, dan Becakayu Seksi 1A.

Secara total, WTR telah berinvestasi pada 18 ruas jalan tol di Indonesia. Namun, hanya lima ruas tol yang dapat beroperasi secara komersial hingga saat ini.

Dalam dua tahun ke depan, perusahaan menargetkan dapat mengoperasikan ruas tol sepanjang 889,23 km. Target itu tak hanya berada di ruas tol Transjawa, tetapi juga jalan tol Transumatra.

Perusahaan kini tengah gencar mencari pendanaan untuk pembangunan ruas tol selanjutnya. WTR telah mendapatkan dana segar sebesar Rp5 triliun yang berasal dari divestasi tiga ruas tol melalui skema Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT).

Tiga ruas tol itu terdiri dari Kanji-Pejagan, Pejagan-Pemalang, dan Pasuruan-Probolinggo dengan panjang ruas tol keseluruhan 123,8 km.

Dalam proses penerbitan RDPT tersebut, perusahaan bekerja sama dengan PT Danareksa Investment Management (DIM) sebagai manajer investasi, PT Bank Mega Tbk sebagai bank kustodian, dan PT Danareksa Sekuritas sebagai arranger.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close