Ekonomi

Lebaran Ketupat, Harga Ayam Potong Masih Melambung Tinggi

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Memasuki lebaran ketupat, harga bahan pangan masih melambung tinggi. Hal tersebut juga terjadi saat momen Lebaran dan belum kembali normal meskipun saat ini telah memasuki H+7.

Kenyataan itu ditemukan dari sidak yang dilakukan oleh anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya Achmad Zakaria di Pasar Wonokromo, Kamis (21/6/2018).

Dari sidak yang dilakukan untuk memantau stabilitas harga itu, Zakaria menemukan fakta bahwa daging ayam potong masih berada di kisaran 38-40 ribu Rupiah.

“Ini kan berarti belum kembali ke kisaran normal. Harusnya, kalau normal ini berada di kisaran 30-32 ribu lah,” katanya di sela-sela sidak.

“Harga 38-40 ribuan itu tadi saya dapat langsung dari beberapa pedagang disini. Karena harga mahal, mereka pun mengeluh sepi pembeli karena harganya terlalu mahal,” tambah Zakaria.

Untuk itu, politisi yang juga Sekretaris Fraksi PKS di DPRD Kota Surabaya ini mendesak agar Pemkot segera mengambil sikap dan mengontrol harga bahan pangan agar tidak memberatkan masyarakat.

“Dinas Perdagangan nggak boleh diam saja ini. Harus segera ambil langkah. Paling nggak dalam minggu ini harus kembali ke kisaran normal,” tegasnya.

“Untuk stok ini juga harus dibantu dengan operasi pasar karena ini tadi ada informasi bahwa supplier di dari hampir seluruh pedagang yang ada disini katanya hanya satu orang. Itu Pemkot bersama Pemprov dan Satgas Pangan harus turun tangan agar tidak terjadi praktek monopoli,” ujar Zakaria.

Siti salah seorang pedagang ayam potong di Pasar Wonokromo mengaku pesimis bahwa harga barang dagangannya bisa turun ke kisaran normal dalam waktu dekat.

“Karena kita yang jualan disini ngambilnya dari satu orang. Bu Hendro namanya, rumahnya di Margorejo. Itu cabangnya banyak sampai ke Pasuruan dan sekitarnya juga. Jadi susah turun kalau dari sananya nggak mau turun,” ujarnya.

“Kalau dari kita sih inginnya harga itu di angka 30 ribu lagi. Itu sama kayak sebelum Lebaran. Kalau harga segitu, pembeli pun ramai karena harga murah. Enggak kayak sekarang, sepi,” harap Siti. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close