Nasional

Lebaran Kedua, Jumlah Penumpang di Stasiun Gambir Masih Tinggi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Jumlah pemudik yang menggunakan moda transportasi kereta api khususnya di Stasiun Gambir masih cukup tinggi kendati telah memasuki H+1 Lebaran. Berdasarkan data laporan harian Humas Stasiun Gambir, volume penumpang harian per Kamis (6/6/2019) berjumlah 18.840 orang.

Jumlah ini memang menurun sekitar 4 ribu penumpang jika dibandingkan data pada hari H Idul Fitri, Rabu (5/6/2019). Berdasarkan data harian kemarin, jumlah keberangkatan penumpang berjumlah 22.223.

Akumulasi jumlah penumpang sejak 26 Mei sampai 6 Juni 2019 mencapai 238.289. Jumlah kereta api reguler yang disiapkan dalam musim mudik Lebaran ini sebanyak 32 unit. Selain itu ada juga kereta api tambahan sebanyak 12 unit dan kereta api tambahan ekstra sebanyak dua unit.

Prediksi total penumpang selama masa angkutan Lebaran 2019 yaitu 997.730 orang. Prediksi ini meningkat 9 persen dibanding tahun lalu. Pada 2018, jumlah pemudik melalui Stasiun Gambir mencapai 915.540. Sementara itu jumlah penumpang arus balik pada H+1 ini belum terdata.

Berdasarkan pantauan lapangan, kepadatan penumpang di Stasiun Gambir tak seperti hari-hari sebelumnya menjelang Idul Fitri. Tak terjadi antrean padat di loket penumpang atau konter check in elektronik yang telah disiapkan.

Di ruang tunggu juga tak sepadat H-3 Idul Fitri dimana banyak penumpang duduk di lantai stasiun karena bangku di ruang tunggu yang disediakan di depan pintu keberangkatan tak bisa menampung seluruh pemudik yang akan menuju kampung halaman. Begitu juga di ruang tunggu sekitar peron yang tak terlalu padat seperti beberapa hari sebelumnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close