Lintas Daerah

Lebaran, Jumlah Sampah di Bandung Malah Naik

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Saat Hari Raya Idulfitri 1440 H berlangsung kemarin, terjadi peningkatan volume sampah naik sebesar lima persen dibandingkan hari biasa.

“Itu hanya operasi saat Lebaran (2-10 Juni), se-Kota Bandung, dari biasanya 1.600 ton, hampir 80 ton peningkatannya, per harinya,” ujar Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung, Deni Nurdyana Hadimin, di Bandung, Rabu (12/6/2019).

Peningkatan volume sampah tersebut, jelasnya, hanya terjadi di tempat yang ramai dikunjungi wisatawan dan peningkatan tersebut bisa ditanggulangi dengan baik oleh pihaknya karena menurunkan 1.464 petugas dalam operasi saat Idulfitri.

Dia menduga, peningkatan volume sampah tersebut disebabkan oleh aparat penegak aturan yang kurang tegas dalam melakukan penertiban. Apalagi para pedagang dan wisatawan, sebutnya juga tidak disiplin dalam membuang sampah.

Selain itu, berdasarkan pantauannya para pedagang kaki lima saat ini sudah lebih berani membuka lapak di area alun-alun Masjid Agung Kota Bandung. Padahal, kata dia pada tahun sebelumnya para pedagang tersebut lebih mudah ditertibkan.

“Tahun ini koordinasi penegakan disiplin yang kurang. Pengunjung agak bandel, tahun kemarin itu lebih tertib ya, artinya tahun sekarang ini PKL dan pedagang di Alun-alun lebih berani,” tambahnya.

Terkait dengan penegakan aturan, menurutnya Satpol PP Kota Bandung kurang tegas dalam menindak para pengunjung yang membuang sampah sembarang maupun PKL yang berjualan di zona merah.

“Jadi penegakan disiplin kita juga kurang, secara pribadi saya bilang Satpol PP kurang tegas. Soalnya kalau penegakan disiplin itu oleh Satpol PP, bukan di kami,” ujarnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close