Lintas DaerahTransportasi

Latihan Militer 36 Negara, Penyeberangan Bali-NTB Ditutup 7 Jam Sabtu Besok

DENPASAR, SENAYANPOST.com – Pelabuhan penyeberangan dari Padangbai Karangasem Bali menuju Pelabuhan Lembar, NTB akan ditutup mulai Sabtu (5/5/2018) dini hari. Penutupan ini menyusul acara Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) tahun 2018, yang berlangsung padal 4-9 Mei 2018.

Hal ini disampaikan Kepala ASDP Padangbai I Wayan Rosta saat dikonfirmasi. Menurut Rosta, penutupan penyeberangan akan dilakukan selama 7 jam mulai pukul 00.00 hingga pukul 07.30 WITA. Setelah itu pelabuhan penyeberangan akan dibuka seperti biasa.

“Kami menerima pemberitahuan sejak beberapa hari lalu bahwa akan digelar MNEK. Acara latihan ini sebenarnya digelar pada 4-9 Mei 2018. Namun yang digelar di jalur Pelabuhan Padangbai dan Lembar hanya mendapat giliran besok. Maka penutupan pun digelar besok, agar tidak mengganggu pelatihan bersama tersebut,” ucapnya.

Penutupan dilakukan agar tidak mengganggu jalannya latihan bersama yang akan digelar di perairan antara Padangbai dan Lembar. Informasi yang diterimanya, penutupan bukan hanya terjadi untuk kapal penyeberangan saja, tetapi aktivitas kapal nelayan baik tradisional maupun kapal nelayan modern juga ditutup sementara untuk menjaga areal latihan.

Untuk mengantisipasi terjadinya antrean panjang, ASDP berkoordinasi dengan Kepolisian untuk mengatur berbagai lokasi parkir di sekitar pelabuhan. Salah satu area yang biasa dipakai adalah Parkir Yeh Malet Kecamatan Manggis.

“Kami optimis antrean tidak terlalu panjang, karena penutupan baru dilaksanakan dinihari sampai pukul 07.00 WITA. Piihak Kepolisian akan membantu mengatur parkir dan menjaga keamanan dan ketertiban di Pelabuhan Padangbai,” ujarnya.

Perlu diketahui, MNEK 2018 akan diikuti sekitar 5.500 pasukan angkatan laut dari 36 negara. Kemudian, dimeriahkan oleh 48 kapal perang, di mana 34 kapal perang dari TNI AL dan 14 kapal perang berasal dari negara peserta MNEK 2018, ada juga 12 pesawat tempur.

 

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close