Nasional

Lapan Prediksi Awal Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha akan Seragam hingga 2021

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memprediksi penetapan awal Ramadhan mulai tahun ini hingga 2021 nanti akan sama antara pemerintah dan ormas keagamaan.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin memprediksi, awal puasa Ramadhan tahun 2018 jatuh pada tanggal yang sama. Begitu juga hari raya Idul Fitri tidak akan ada perbedaan antara pemerintah dengan ormas Islam lainnya.

“Awal Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini akan seragam. Awal puasa 17 Mei dan Idul Fitri 15 Juni (2018),” ujar Thomas dalam keterangannya yang dikutip, Kamis.

Bahkan, kata Thomas, sampai tahun 2021 mendatang, awal Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha akan bersamaan.

“Insya Allah sampai 2021 awal Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah akan seragam,” ungkap Thomas.

Sebelumnya, 1 Ramadhan 1439 H atau awal Ramadhan 2018 menurut Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah jatuh pada Hari Kamis 17 Mei 2018.

Jika awal Ramadhan 2018 jatuh pada Kamis 17 Mei 2018, maka menurut Muhammadiyah Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H jatuh pada hari Jumat 15 Juni 2018.

Sementara itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau penetapan (itsbat) awal dan akhir Ramadhan atau hari besar lainnya tidak perlu dipersoalkan dan jangan dijadikan polemik.

Menurut Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Buya Zainut Tauhid S’adi sudah saatnya umat Islam menyikapi perbedaan tersebut sebagai proses pendewasaan diri menerima ragam pendapat.

MUI, kata Buya Zainut, menghormati keputusan Muhammadiyah terkait penetapan tersebut yang
menggunakan metode hisab atau perhitungan awal bulan.

Sebagaimana MUI juga menghormati ormas Islam lain yang belum mengumumkan awal puasa
dan lebaran karena menggunakan metode rukyatul hilal (melihat bulan).

“lntinya, MUI menghormati baik penggunaan metode rukyatul hilal maupun hisab karena keduanya adalah ijtihad”, katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi Kementerian Agama Mastuki mengatakan, pemerintah belum bisa memastikan kapan awal Ramadhan tahun ini.

“Kami belum tahu sama atau tidak. Karena nanti lewat Sidang Isbat. Tanggal 1 Ramadhan tahun ini itu tanggal berapa?” kata dia.

Menurut Mastuki, mekanisme penentuan awal Ramadhan melalui Sidang Isbat digelar pihaknya dengan mengundang berbagai perwakilan ormas Islam.

“Jadi untuk tanggal sama atau tidak di Sidang Isbat yang akan menetapkan. Memang unik penetapan tanggal 1 Ramadhan,” kata Mastuki. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close