Nasional

LAPAN: Indonesia Aman dari Serpihan Tiangong-1

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Indonesia dipastikan aman dari kejatuhan serpihan Stasiun Ruang Angkasa pertama milik China Tiangong-1 yang telah memasuki masa purna bakti.

Menurut laman twitter Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di Jakarta, Senin (2/4/2018), lintasan terakhir Tiangong-1 akan berakhir di sekitar Samudera Atlantik dan telah melewati wilayah Indonesia.

Menjelang jatuhnya stasiun tersebut, tulis LAPAN, Tiangong-1 telah mengalami penurunan ketinggian rata-rata sebesar 3,2 kilometer per hari.

[ads]

Jika ketinggian mencapai 120 kilometer, maka stasiun itu akan dianggap mengalami atmospheric reentry sehingga dengan cepat akan jatuh menuju permukaan bumi.

Proses reentry dari Tiangong-1 diperkirakan terjadi pada 2 April pukul 07.49 WIB plus minus dua jam.

Panas dan tekanan yang dialami setelah reentry akan mengakibatkan Tiangong-1 pecah dan serpihan dari obyek tersebut, bila tidak habis terbakar, akan menyebar pada area seluas ribuan kilometer.

Sebelumnya, Pusat Pengendalian Ruang Angkasa Beijing (BACC) memperkirakan Tiangong-1 jatuh ke bumi antara 31 Maret hingga 4 April 2018. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close