Internasional

Laos dan Thailand Diguncang Gempa M 6,1, Getarannya Terasa Hingga Vietnam

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Gempa bumi dengan Magnitudo (M) 6,1 mengguncang wilayah Laos bagian barat laut, dekat perbatasan Thailand. Sejauh ini belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa ini, yang terasa hingga ke Vietnam ini.

Seperti dilansir AFP dan Bangkok Post, Kamis (21/11/2019), data Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebut gempa berpusat di wilayah Laos bagian barat daya, atau sekitar 31 kilometer dari distrik Chaloem Phrakiat, Provinsi Nan, Thailand. Gempa mengguncang pada Kamis (21/11) pagi sekitar pukul 06.50 waktu setempat.

USGS menyatakan seperti dikutip Bangkok Post, pusat gempa ini berada di kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan Bumi. Karena pusat gempa tergolong dangkal, getarannya dirasakan hingga radius lebih dari 700 kilometer dari ibu kota Bangkok.

“Getarannya… merupakan kejutan utama dari sebuah gempa di Laos pukul 06.50 waktu setempat dan dirasakan di wilayah Thailand bagian utara dan timur laut dan wilayah Bangkok dan sekitarnya,” sebut seorang pejabat pada Departemen Meteorologi Thailand, Sophon Chaila.

“Sejauh ini tidak ada laporan kerusakan,” imbuhnya.

Warga kota Hanoi di Vietnam juga ikut merasakan getaran gempa. Dilaporkan bahwa gedung-gedung bertingkat di Hanoi sempat bergoyang akibat gempa.

“Lampu di langit-langit bergetar cukup kuat. Saya merasa pusing dan takut,” tutur seorang warga Hanoi bernama Tran Hoa Phuong, yang tinggal di gedung apartemen 27 lantai.

Gempa M 6,1 ini terjadi sekitar 3 jam setelah gempa berkekuatan M 5,7 mengguncang area yang sama di Laos, tepatnya dekat proyek bendungan Xayaburi. (AR)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close