Nasional

Lantik Perwira TNI-Polri, Jokowi Pesan Jangan Kecewakan NKRI

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Presiden Jokowi menjadi Inspektur Upacara saat acara pelantikan 781 perwira TNI-Polri. Jokowi meyakini bahwa para perwira yang baru saja dilantik ini telah melalui proses seleksi yang sangat ketat.

Jokowi menyatakan para perwira TNI-Polri juga telah melalui pelatihan mental dan fisik hingga akhirnya dapat dilantik. Untuk itu, dia berharap para perwira terus mengingat usaha tersebut, sehingga tak mengecewakan bangsa Indonesia saat bertugas nanti.

“Jangan pernah kecewakan orangtua saudara-saudara. Jangan pernah kecewakan bangsa Indonesia. Jangan pernah kecewakan Negara Kesatuan republik Indonesia (NKRI),” tegas Jokowi dikutip dari liputan6, Selasa (16/7/2019).

Dia meminta agar pada perwira remaja untuk menjaga toleransi dan persatuan dalam keberagaman Indonesia. Menurut dia, tanggung jawab para perwira TNI-Polri sangat besar yaitu, melindungi Pancasila dari gempuran gelombang ideologi-ideologi luar.

“Saudara harus memegang teguh kode etik perwira dan jati diri sebagai perwira TNI/Polri. Junjung tinggi kehormatan dan kecintaan sebagai perwira TNI, Polri,” katanya.

Jokowi mengatakan tantangan yang dihadapi bangsa dan negara ke depan juga semakin berat seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Disisi lain, revolusi industri 4.0 melahirkan banyak teknologi baru yang mengubah cara-cara hidup masyarakat dunia.

Misalnya, kata Jokowi, advance robotic dan artificial intelegent yang mempermudah masyarakat di banyak aspek kehidupan. Termasuk, di dunia kemiliteran dan kepolisian.

“Cara-cara dan model-model lama sudah tidak bisa kita lanjutkan. Tidak ada pilihan lain bahwa kita harus cepat. Kita harus fleksibel. Kita harus cerdik. Kita harus semakin menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” jelas dia.

Dia menambahkan, akan terjadi perkembangan yang luar biasa di dunia militer baik dalam hal strategi, taktik, doktrin dan sistem persenjataan.

Oleh sebab itu, Jokowi menilai di dunia kepolisian juga harus semakin canggih dalam memberantas kejahatan digital, penegakan hukum, pemeliharaan keamanan dan ketertiban serta perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat dan rakyat.

“Saudara-saudara harus menjadi bagian penting dari kualitas SDM Indonesia yang hebat untuk membangun Indonesia yang berdaulat dan bermartabat,” tutur Jokowi.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close