Ekonomi

Lampung Promosikan Budaya dan Pariwisata di Kroasia

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Provinsi Lampung mempromosikan budaya dan pariwisata serta keunggulan daerah pada event “Place2Go Internasional Tourism Fair”, di Ibukota Kroasia, Zagreb.

“Agenda pameran tersebut merupakan agenda tahunan cukup besar di wilayah Eropa Timur yang saat ini sedang berkembang dengan pesat,” ujar Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo, dalam keterangan tertulis yang diterima di Bandarlampung, Sabtu (16/3/2019).

Dalam kesempatan itu, Ridho yang didampingi Plt Sekdaprov Lampung, Hamartoni Ahadis, dan beberapa pejabat eselon dua serta jajaran staf dan rombongan kebudayaan Lampung sangat berterima kasih kepada Dubes Indonesia untuk Kroasia, Sjahroedin ZP, yang memberikan warna yang khas budaya Lampung pada perwakilan Indonesia di Kroasia.

Sementara, Dubes Indonesia untuk Kroasia, Sjahroedin ZP, yang juga mantan gubernur Lampung itu dalam menyampaikan soal kerjasama pendidikan, budaya, dan pariwisata yang sudah dan akan terjalin antara RI dan Kroasia.

“Khusus pendidikan, perguruan-perguruan tinggi Kroasia juga telah menjalin kerjasama dengan banyak perguruan tinggi di Pulau Jawa. Perkembangan terbaru University of Zagreb juga telah menjalin kerjasama dengan Universitas Lampung,” ujar Sjahroedin.

Dubes Sjahroedin berharap Lampung melalui pemerintah provinsinya juga terus meningkatkan kerjasama sektor pendidikan, kebudayaan, dan pariwisata tersebut.

Tiga tahun belakangan ini Kedutaan Besar RI di Kroasia pada masa kepemimpinan Dubes Sjahroedin memiliki corak warna yang berbeda, dengan memberikan nuansa adat dan budaya Lampung.

Misalnya, pakaian staf kedutaan yang diarahkan untuk menggunakan batik Lampung. Berbagai event yang melibatkan kedutaan beserta stafnya ditampilkan dengan menonjolkan ciri khas Provinsi Lampung sebagai bagian dari keragaman adat dan budaya bangsa Indonesia.

Sjahroedin juga menyampaikan, penduduk Kroasia hanya 5 juta jiwa, tapi kunjungan turisnya mencapai 18 juta wisatawan setiap tahun.

“Ini menunjukkan Kroasia cukup sukses di sektor tersebut dan harus di contoh oleh Lampung, khususnya oleh pemerintah daerah, baik pemprov maupun pemkab dan pemkot,” jelasnya. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close