Lintas Daerah

Lampung Latih Siswa Siaga Bencana

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Untuk melatih anak-anak agar bisa selalu siap dan siaga dalam menghadapi bencana, Dinas Sosial Lampung melalui taruna siaga bencana (Tagana) akan melakukan pelatihan dan pembinaan di sekolah.

“Kita akan melakukan latihan dan pembinaan di sekolah yang lokasinya rawan dengan bencana seperti banjir, tsunami, longsor, angin puting beliung dan lainnya,” ujar Kepala Dinas Sosial Lampung, Sumarju Saeni, di Bandarlampung, Minggu (17/3/2019).

Ia mengatakan, pelatihan ini dimaksud agar para siswa terlatih untuk menghadapi bencana. Karena saat ini, masih sangat minim pengetahuan siswa tentang bencana.

Selain itu, program Tagana masuk sekolah ini akan menyesuaikan lokasi dan letak wilayahnya, seperti di daerah Kunjir, Waymuli dan Kalianda, akan mengangkat tema tsunami dan banjir. Sedangkan, untuk di daerah tebing akan mengangkat tema longsor, dan lainnya.

“Pelatihan dan pembinaan akan menyesuaikan letak dan wilayahnya, agar tema yang diambil dapat lebih dipahami dan dimengerti para siswa,” katanya.

Menurutnya, pelatihan ini akan dilakukan di setiap sekolah se-Provinsi Lampung, bahkan dari tingkat SD sampai SMA/SMK sederajat. Dan di bantu oleh masing-masing Tagana di kabupaten/kota.

“Kegiatan ini telah berjalan sejak beberapa tahun lalu, tetapi dengan nama yang berbeda, yakni ‘Tagana go to school’ dan saat ini diubah menjadi Tagana masuk sekolah (TMS). Dengan sistem dan cara yang sama, yaitu memberikan pelatihan dan pembinaan kepada para siswa,” jelasnya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close