Ekonomi

Lambatnya Implementasi Stimulus Ekonomi Dikeluhkan Pengusaha

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sekitar 10 asosiasi pengusaha menghadiri pertemuan dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada hari ini. Asosiasi tersebut antara lain Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi).

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani mengatakan, pertemuan hari ini adalah untuk memberikan masukan kepada OJK dalam rangka percepatan stimulus. Mengingat saat ini pemberian stimulus kepada para pengusaha masih lambat.

Bahkan hal ini juga sempat dikeluhkan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Jokowi sempat kesal lantaran stimulus yang sudah dikeluarkan lama penyalurannya.

“Kami dari Kadin dan asosiasi tadi kita ada lebih dari 10 asosiasi yang mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pak Wimboh (Ketua OJK) dan jajaran yang mengundang kami untuk diskusikan langkah-langkah apa dan masukan apa yang dibutuhkan dalam rangka percepatan dari stimulus-stimulus yang kita lihat memang agak lambat dalam implementasinya,” ujarnya dalam telekonferensi, Kamis (2/7/2020).

Menurut Rosan, pertemuan ini ke depannya akan lebih sering dilakukan. Salah satu yang menjadi konsen adalah bagaimana mempercepat pemberian restrukturisasi pada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Saat ini, pelaku UMKM yang sudah meminta restrukturisasi baru sekitar 50% dari total lending kepada UMKM atau secara nilai sudah Rp500 triliun dari total restrukturisasi yang diajukan oleh pelaku UMKM.

“Oleh sebab itu, dibutuhkan langkah-langkah cepat, proses restrukturisasi sudah berjalan,” ucapnya.

Langkah lainnya yang tak kalah penting adalah bagaimana perlunya modal kerja yang diberikan pengusaha. Khususnya pinjaman modal kerja kepada pelaku UMKM yang menjadi sektor paling terdampak.

“Kami pun meminta mesti ada tahapan lanjutan yakni modal kerja yang memang dibutuhkan UMKM terutama dan kepada dunia usaha,” kata Rosan.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close