Lintas Daerah

Lalui Lereng Terjal dan Berlumpur, Bupati Bogor Kunjungi Desa Terisolir Akibat Longsor

BOGOR, SENAYANPOST.com – Rombongan Pemerintah Kabupaten Bogor mencoba menapaki jalur terjal berlumpur menuju desa terisolir di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Minggu (5/1/2020). Desa ini adalah Desa Pasir Madang yang terisolir sejak dikepung terjangan longsor pada awal tahun 2020.

Desa ini merupakan satu dari 5 desa di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor yang terisolir. Bahkan para korban bencana longsor yang mengungsi di desa ini minim mendapat bantuan karena akses jalan yang tertutup longsor. Bupati Bogor Ade Yasin turut merasakan akses jalan setapak naik turun bukit bersama Dandim 0621 dan juga Kapolres Bogor.

Perlu waktu berjam-jam perjalanan, Ade Yasin menapaki lereng yang terjal yang licin, naik turun bukit, jembatan setapak dari bambu, melintasi timbunan tanah longsor untuk sampai ke tujuan.

Bahkan, dalam perjalanan, Ade Yasin sempat terperosok ke dalam lumpur cukup dalam sampai dia pun dibantu untuk mencabut kakinya dari lumpur. Padahal, ini merupakan akses jalan satu-satunya yang bisa dilalui warga pasca dilanda bencana longsor.

“Medannya cukup berat, kerasa ya, naik ke atas (bukit),” kata Ade Yasin.

Dia mengatakan bahwa karena medan berat inilah yang membuat petugas kesulitan untuk mengidentifikasi korban bencana longsor di Desa Pasir Madang. Selain itu, bantuan-bantuan yang banyak berdatangan dari para sukarelawan juga sulit disalurkan ke desa ini.

Tidak hanya itu, sejak kejadian longsor di beberapa titik pada awal tahun baru, desa ini juga sama sekali tak lagi dialiri aliran listrik bahkan jaringan telepon seluler.

“Ini masih belum terdeteksi semua, karena medannya yang berat. Sehingga sulit untuk pengidentifikasian apakah ini berbahaya atau tidak. Tapi alhamdulillah korban sudah diungsikan ke rumah-rumah penduduk, aula-aula, dan mushola,” kata Ade Yasin.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pihaknya akan segera membuka jalur ke Pasir Madang, Sukajaya yang warganya sudah sepekan terisolir karena longsor.

Sepanjang jalan dari desa tetangganya menuju wilayah Desa Pasir Madang saja, alat berat harus menembus 3 titik mega longsor yang menutupi akses jalan.

Titik-titik longsor lain belum masuk hitungan jika ingin menjangkau desa lainnya di wilayah kecamatan ini.

“Perintah presiden harus segera tembus. Ini sudah ada 6 eskavator, satu loader, satu dozer. Nanti akan datang 5 (alat berat) lagi. Ini akan dipakai di sini semua,” kata Basuki Hadimuljono saat ditemui TribunnewsBogor.com di lokasi longsor Sukajaya, Kabupaten Bogor, Minggu (5/1/2019).

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close