Lalu lintasPeristiwa

Lakalantas di Arus Mudik Menurun: 97 Orang Meninggal 71 Luka Berat

CIREBON, SENAYANPOST.com – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri, menyebut angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) mengalami penurunan sekitar 62 persen, dibandingkan tahun sebelumnya selama arus mudik hingga hari Lebaran.

Ia mengungkapkan terjadi 410 kasus lakalantas dengan korban mencapai 97 orang meninggal dunia, 71 orang luka berat, serta 456 orang luka ringan, selama delapan hari operasi arus mudik 2019.

“Kecalakaan lalu lintas selama delapan hari operasi, lakalantas terjadi 410 kasus. Yang meninggal dunia 97 orang, luka berat 71 orang, dan luka ringan 456 orang, ” ucap Refdi kepada wartawan, Kamis (6/6/2019).

Ia menlanjutkan pada 2018 dalam periode yang sama, terjadi 1086 kasus lakalantas, dengan korban mencapai 227 orang meninggal dunia.

“Luka berat 250 orang, dan luka ringan 1393 orang, ” sambungnya.

Berdasarkan data yang ia sampaikan, terjadi penurunan korban meninggal dunia akibat lakalantas sekitar 57 persen. Sedangkan untuk korban luka berat dan luka ringan akibat lakalantas, terjadi penurunan sekitar 72 persen serta 67 persen.

Menurutnya, penurunan kasus lakalantas selama delapan hari operasi arus mudik, terjadi karena beberapa faktor.

Faktor-faktor tersebut di antaranya adalah infrastruktur yang lebih baik, serta masyrakat sudah memahami arti penting keselamatan.

“Salah satunya adalah dengan infrastruktur yang lebih baik, serta pengemudinya yang semakin sadar akan keselamatan lalu lintas, ” ucap dia.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close