Ekonomi

Lahan Sawit akan Dicetak Jadi Sawah Baru

BENGKULU, SENAYANPOST.com – Sekitar 7,8 hektare (ha) dari seluas 504 lahan perkebunan kelapa sawit milik petani di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, yang belum dicetak akan dijadikan lahan sawah baru.

“Lahan sawit seluas 7,8 ha itu masih dalam proses pencetakan. Pelaksana sedang merapikan lahannya,” ujar Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Ali Mukhibin, di Mukomuko, Sabtu (5/5/2018).

Ali menjelaskan, kabupaten setempat pada 2017 mendapat jatah program cetak sawah baru dari pemerintah di lahan perkebunan kelapa sawit seluas 1.106 ha, namun yang terealisasi seluas 504 ha. Lahan perkebunan kelapa sawit milik petani setempat yang belum dicetak menjadi sawah baru tahun 2017 dilanjutkan tahun ini.

Tahun 2017 seluas 357,3 ha lahan perkebunan kelapa sawit sudah dicetak menjadi sawah oleh Korp Zeni TNI dan 147,84 ha oleh Markas Komando Rayon Militer (Makorem). Dari lahan seluas 147 hektare yang dicetak oleh Makorem, masih kurang sekitar 7,8 ha lagi yang belum dicetak menjadi sawah baru.

Pihak Makorem, jelas dia, menggunakan alat berat yang ada untuk menyelesaikan program cetak sawah baru di lahan perkebunan kelapa sawit seluas 7,8 ha di daerah itu. Ia menargetkan, lahan seluas 7,8 ha itu selesai dicetak menjadi sawah dalam 10 hari ke depan.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close