Features

Lahan Pasar Porong Lama jadi Destinasi Wisata Lumpur Lapindo

SIDOARJO, SENAYANPOST.com – Animo masyarakat yang ingin melihat lokasi lumpur Lapindo direspon Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Pemkab Sidoarjo tahun ini mengembangkan destinasi wisata di kawasan Lumpur Sidoarjo. Destinasi lumpur Lapindo ini memanfaatkan lahan bekas Pasar Porong guna memudahkan wisatawan menikmati lokasi tersebut.

Djoko Supriyadi, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, mengatakan, nantinya di lokasi bekas Pasar Porong itu akan dimanfaatkan sebagai titik utama wisata Lumpur Sidoarjo.

“Di lahan bekas Pasar Porong tersebut akan dibangun beberapa fasilitas seperti toilet, tempat penjualan souvenir, tempat penjualan makanan dan juga fasilitas parkir,” katanya, Sabtu (17/3/2018).

Dikatakan, saat ini sedang dimatangkan terkait dengan rencana pengembangan potensi wisata di kawasan Lumpur Sidoarjo ini.

“Termasuk juga nanti di dalamnya ada destinasi tambahan yang menjadi satu dari wisata Lumpur Sidoarjo itu, seperti wisata bakau di Tlocor atau juga wisata belanja yang ada di kawasan Tanggulangin Sidoarjo,” tambahnya.

Djoko Supriyadi mengatakan, titik sentral wisata yang ada di sisi selatan Sidoarjo itu nantinya berada di bekas Pasar Porong. Itu dikarenakan lokasinya berada di pinggir jalan utama serta bisa diakses dengan menggunakan kendaraan besar seperti bus.

“Kami melihat, selama ini wisatawan yang mengunjungi wisata lumpur itu masih sporadis dan belum terkelola dengan baik, bahkan terkesan kurang menarik karena menggunakan peralatan sekadarnya untuk akses di lokasi itu,” ujarnya.

Djoko menambahkan, pihaknya akan selalu berkoordinasi dengan Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS) terkait dengan pengembangan wisata tersebut. Ini supaya wisatawan bisa lebih lengkap mendapatkan informasi terjadinya lumpur ini.

“Kami sendiri masih belum bisa mengestimasikan berapa jumlah wisatawan yang bisa digaet dengan adanya pengembangan wisata tersebut. Namun yang jelas kami memprediksikan akan ada sekitar seribu orang setiap bulannya yang bisa mengunjungi wisata di Selatan Kota Sidoarjo itu,” ujarnya. (AF)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close