Lintas DaerahTak Berkategori

Lahan Eks Tambang Emas Ilegal Disulap Jadi Sawah

JAMBI, SENAYANPOST.com – Pemerintah Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, menyulap lahan seluas 500 hektare lahan eks tambang emas ilegal atau biasa disebut penambangan emas tanpa izin (Peti) menjadi lahan sawah.

“Di Desa Pangkalan Jambu ada sekitar 500 hektare lahan eks penambangan emas tanpa izin yang akan disulap kembali menjadi sawah hijau,” kata Bupati Merangin, Al Haris, saat lounching program gerakan bersama mengembalikan lahan eks Peti menjadi sawah (Geber Mewah) secara partisipatif, di Pangkalan Jambu, Senin (9/7/2018).

Ia menjelaskan, Program Geber Mewah ini merupakan gerakan moral masyarakat yang berupaya mengembalikan sawahnya yang hilang akibat aktivitas PETI.

Dengan program itu, Haris mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk beramai-ramai turun ke sawah, menggarap lahan eks Peti menjadi sawah untuk ditanami padi.

Dia meyakini, melalui gerakan dan komitmen bersama itu, secara bertahap seluruh sawah yang hilang akan kembali lagi, sehingga ke depannya Kecamatan Pangkalan Jambu bisa menjadi lumbung padinya Kabupaten Merangin.

Di kesempatan itu, Bupati Merangin, Al Haris, menyerahkan bibit padi dan jagung kepada masyarakat, dan berharap bila sudah menanam padi, masyarakat bisa langsung menanam jagung di lahan eks Peti tersebut. (AF)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close