Laga ATP Finals Penuh Kejutan, Djokovic Terjungkal

Laga ATP Finals Penuh Kejutan, Djokovic Terjungkal
Rafael Nadal dan Novak Djokovic

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Petenis nomor 1 dunia Novak Djokovic pada turnamen akhir tahun ATP (Association of Tennis Professionals) Finals single putra di O2 Arena di London, Inggris, Kamis (19/11/2020), ditaklukkan Daniil Medvedev.

Kejutan ini merupakan lanjutan dari terjungkalnya petenis nomor 2 dunia Rafael Nadal dikalahkan Dominic Thiem.

Dalam matchday kedua Grup Tokyo 1970 itu, Djokovic (Serbia) bahkan menyerah dua set langsung dari lawannya yang berkebangsaan Rusia, dengan angka 6-3 6-3.

Djokovic melakukan banyak kesalahan sendiri. Dia melakukan 24 unforced errors dan lima kesalahan ganda untuk memberi jalan kemenangan bagi Medvedev.

Dengan hasil itu, Medvedev dipastikan melaju ke semifinal kalau pun dalam pertandingan terakhir fase grup pada Sabtu (21/11/2020) pagi WIB dikalahkan Diego Schwartzman (Argentina), yang sudah dipastikan gagal ke semifinal setelah dikalahkan Alexander Zverev.

Bagi Djokovic, untuk lolos ke semifinal tidak ada jalan kecuali memenangi pertandingan ketiga kontra Zverev pada Jumat (20/11/2020) malam WIB.

ATP Finals diikuti delapan single dan ganda putra dengan raihan prestasi terbaik sepanjang tahun. Selain empat petenis di Grup Tokyo 1970, empat lainnya di nomor single berada di Grup London 2020 yakni Nadal (Spanyol), Thiem (Austria), Stefanos Tsitsipas (Yunani), Andrey Rublev (Rusia).

Dari Grup London 2020, Thiem, runner-up tahun lalu, telah dipastikan lolos ke semifinal setelah meraih dua kemenangan atas juara bertahan Tsitsipas dan peringkat 2 dunia Nadal meskipun masih menyisakan satu pertandingan kontra Rublev.

Dua petenis teratas di klasemen akhir setiap grup berhak melaju ke babak semifinal dengan sistem silang yakni juara grup akan bertemu runner-up grup lainnya. (Jo)