Internasional

Kuwait Usir Duta Besar Filipina

JAKARTA, SENAYANPOST.com — Pemerintah Kuwait memerintahkan Duta Besar Filipina dalam waktu seminggu harus meninggalkan negara tersebut.

Selain itu, Kuwait juga menarik duta besarnya dari Filipina untuk berkonsultasi.

Langkah ini dilakukan setelah staf kedutaan mencoba ‘menyelamatkan’ pekerja rumah tangga Filipina yang dilaporkan karena kasus kekerasan.

Perintah pengusiran dan penarikan utusan ini menjadi episode baru dalam konflik yang sudah berlangsung selama tiga bulan ini.

Konflik ini dipicu adanya laporan bahwa beberapa beberapa orang Filipina bunuh diri karena penyiksaan yang dilakukan majikan Kuwait.

Mengutip Reuters, setelah terjadinya laporan penyiksaan, kedua negara berjanji dan sepakat tunduk pada pakta perlindungan pekerja asing.

Kesepakatan ini tercipta setelah Filipina melarang pengiriman pekerja ke Kuwait.

Kementerian luar negeri Kuwait mengatakan bahwa mereka memberikan duta besar Filipina waktu selama tiga hari untuk mencantumkan nama penduduk Filipina di Kuwait yang menculik pekerja rumah tangga dari ruma majikannya.

Namun sampai saat ini pihaknya mengaku belum mendapat tanggapan dari kedutaan Filipina.

Sebelumnya, pada Selasa (24/4) Filipina sudah meminta maaf terkait ‘pelanggaran menyolok’ dari kedaulatan Kuwait.

Sekretaris luar negeri Filipina mengatakan bahwa kedutaan terpaksa ‘membantu’ pekerja Filipina yang meminta bantuan, karena dianggap sebagai masalah hidup dan mati.

Namun, kementerian luar negeri mengatakan bahwa pasukan keamanan Kuwait akan terus memburu orang yang dianggap melanggar keamanan negara dan mengadilinya.

Dalam pernyataannya, Departemen Luar Negeri Filipina mengatakan bahwa tindakan yang diambil pemerintah Kuwait sangatlah menganggu.

Tindakan mereka juga dianggap tak konsisten dengan jaminan yang diberikan Duta Besar Kuwait selama pertemuannya dengan Sekretaris Alan Peter S. Cayetano, Selasa lalu. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close