Ekonomi

Kurs Rupiah Terhadap Dolar Hari Ini

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Rupiah diprediksi akan kembali melanjutkan penguatan setelah mampu bertahan di zona hijau dalam lima hari perdagangan secara beruntun.

Direktur Utama Pt Garuda Berjangka Ibrahim yang dikutip dari Bisnis.com. memproyeksikan rupiah berpotensi ditransaksikan cenderung menguat di level Rp14.127 per dolar AS hingga Rp14.190 per dolar AS.

Hal itu menurutnya karena Badan Pusat Statistik mencatat, surplus neraca perdagangan kali ini disebabkan oleh surplus nonmigas sebesar US$1,18 miliar, sedangkan defisit di sektor migas sebesar US$977,6 juta.

Selain itu, penguatan rupiah juga disebabkan dolar AS yang mempertahankan penurunannya seiring dengan investor yang cenderung tetap berhati-hati akibat prospek pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat dan China di KTT G20 minggu ini.

Rupiah berhasil melanjutkan penguatannya selama 5 hari berturut-turut pada perdagangan Senin (24/6/2019), seiring dengan neraca perdagangan Indonesia periode Mei berhasil tercatat surplus sebesar US$207,6 juta.

Berdasarkan data Bloomberg, pada penutupan perdagangan Senin (24/6/2019) rupiah berada pada level Rp14.147 per dolar AS, menguat tipis 0,06% atau 8 poin.

Adapun, dolar AS telah dibayangi aksi jual akibat The Fed mengisyaratkan prospek dovish pada kebijakan moneternya seiring dengan tanda-tanda pertumbuhan ekonomi global yang melemah.

Indeks dolar AS yeng mengukur kekuatan greenback di hadapn sekeranjang mata uang mayor lainnya bergerak melemah 0,17% menjadi 96,055. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close