Internasional

Kurang Ajar, Turis Wanita Menari Seksi di Masjid Malaysia

SABAH, SENAYANPOST.com – Pemerintah Malaysia melarang dua turis perempuan masuk ke seluruh masjid di Negeri Jiran itu setelah video mereka menari dengan baju seronok tersebar di dunia maya.

Melansir dari AFP, Senin (25/6), dua turis perempuan itu melakukan aksinya di Masjid Agung di Kota Kinabalu, Sabah, salah satu objek wisata religi yang populer di Malaysia.

Dalam video tersebut terdengar juga suara pengunjung masjid yang geram saat melihat aksi mereka menari di pinggir masjid yang berbatasan dengan sungai.

“Mengapa mereka tidak jatuh saja ke sungai?” bunyi suara salah satu pengunjung dalam video itu.

Pengelola masjid, Jamal Sakaran, mengatakan bahwa pihaknya menyesalkan aksi yang dianggap tak menghormati agama Islam tersebut.

Jamal juga mengatakan saat ini seluruh masjid di kawasan Sabah ditutup sementara hingga suasana lebih kondusif.

Menteri Pariwisata Malaysia Christina Liew menjelaskan bahwa tak ada penahanan yang dilakukan terhadap dua turis itu, karena mereka dianggap tak menyadari aksinya dianggap melanggar kesopanan.

Namun pihaknya mengaku akan mencari tahu keberadaan mereka untuk memberikan wejangan terkait sopan santun saat berwisata ke Malaysia.

Tak hanya turis lokal, setiap harinya masjid tersebut dikunjungi oleh banyak turis mancanegara.

Masjid Agung Kota Kinabalu menjadi objek wisata menjadi perhentian sebelum turis melanjutkan perjalanan ke hutan hujan Sabah.

Sebagian besar penduduk Malaysia memeluk agama Islam. Tentu saja norma agama dan adat ketimuran sangat dijunjung mereka.

Ini bukan kali pertama ada aksi turis yang melanggar kesopanan di objek wisata religi Sabah.

Pada tahun 2015 sebanyak empat orang turis ditahan pihak berwajib karena ketahuan melakukan sesi foto tanpa busana di puncak Gunung Kinabalu.

Aksi tersebut juga disebut banyak penduduk Malaysia sebagai alasan terjadinya gempa bumi di bulan berikutnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close