KUPA NGUPI Tempat Hangout Milenials yang Asyik

KUPA NGUPI Tempat Hangout Milenials yang Asyik
Ilustrasi

ORANG Betawi ketika berada pada saat-saat menikmati hidangan kopi, punya istilah yang khas yaitu ngupi. Bukan Ngopi lho.

Sementara itu, orang Betawi Gedongan, artinya orang Betawi yang bukan rakyat kebanyakan, menikmati saat-saat ngupi dengan hidangan pendamping berupa ruti. Bukan Roti lho.

Di Komplek Sentra Kota Jatibening, Bekasi, ada sebuah locus unik tempat anak muda hangout, namanya Kupa Ngupi. Dari namanya, terkesan Betawi banget.

Ngupi sudah jelas kebetawiannya. Sedangkan Kupa, oleh orang Betawi lebih dikenal sebagai gohok, buah-buahan khas Betawi yang rasanya masam-manis, biasanya untuk campuran rujak yang pedas.

Di kalangan masyarakat Sunda, gohok atau kupa disebut dengan nama kupa beunyeur.

Masyarakat Jawa menyebut buah kupa dengan nama gowok atau dompyong. Sedangkan masyarakat Bugis dan Makassar menyebut buah kupa dengan nama pasui. Di Bali, buah kupa ini disebut dengan nama kaliasem.

Orang Bosnia juga mengenal istilah kupa. Tapi, bukan nama buah-buahan. Kupa bagi masyarakat Bosnia berarti cangkir, antara lain wadah untuk minum kopi.

Etnis Bosnia hidup di kawasan Balkan, yaitu Eropa Tenggara. Mereka tergolong bangsa Slavia yang memeluk Islam pada masa Kerajaan Ottoman atau Kesultanan Utsmaniyah atau Kesultanan Turki, sejak abad ke-15. 

Apa makna filosofis di balik nama Kupa Ngupi? 

Para milenials penggagas berdiringa Kupa Ngupi ini mungkin ingin menunjukkan sikap bahwa mereka tidak tercerabut dari akar budaya khas Indonesia, khususnya Betawi.

Kedua, mereka ingin menyerap semangat kebangkitan sebuah etnis yang pernah tenggelam selama bertahun-tahun, etnis Bosnia yang pernah sekian lama terzalimi namun tetap survive.

Sebuah filosofi yang luarbiasa.

Dari segi menu, ada yang namanya Kupahat, kependekan dari Kupa Sehat. Ada Kupa Asem, nama lain dari wedang gula asem, ada Kupa Jahe, nama lain dari wedang jahe. Keduanya merupakan sajian khas masyarakat di Jawa.

Untuk makan berat, ada nasi goreng kupa, ada nasi kupa special, nasi rendang khas Sumatera Barat, nasi cakalang khas Manado juga ada.

Tapi, yang paling istimewa adalah hidangan berbagai variant kupi yang diracik Farid sang barista.