Kunci Gelar Juara Dunia, Lewis Hamilton Juarai F1 GP Turki 

Kunci Gelar Juara Dunia, Lewis Hamilton Juarai F1 GP Turki 
Lewis Hamilton

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Lewis Hamilton berhasil memenangi balapan Formula 1 GP Turki 2020. Hasil ini memastikan dirinya sebagai juara dunia tahun ini, sekaligus menjadi gelar ketujuh sepanjang kariernya.

Di Istanbul Park Circuit, Minggu (15/11/2020), balapan berlangsung dalam trek yang basah, membuat para driver kesulitan. Benar saja, tak lama seusai start, Valtteri Bottas (Mercedes) dan Esteban Ocon (Renault) langsung mengalami spin.

Lance Stroll (Racing Point) memimpin balapan, diikuti rekan setimnya, Sergio Perez. Sebastian Vettel (Ferrari) melesat ke posisi ketiga, diikuti Max Verstappen (Red Bull Racing). Lewis Hamilton (Mercedes) ada di posisi keenam, di belakang Alexander Albon (Red Bull Racing).

Stroll, Perez, Hamilton, dan Vettel bergantian masuk ke pit, mengganti ban basah dengan ban medium. Posisi pun berubah. Di lap ke-11, Verstappen berada di urutan terdepan. Albon, Stroll, Perez, Vettel, dan Hamilton menyusul setelahnya.

Di lap ke-12, Verstappen akhirnya masuk ke pit. Albon mengisi posisi terdepan. Di lap ke-13, Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo) akhirnya retired karena masalah teknis. Sebelum balapan, mobilnya diketahui sempat mengalami crash saat bergerak ke grid.

Albon akhirnya masuk ikut masuk ke-pit. Stroll meengambil urutan terdepan, diikuti Perez, Verstappen, dan Vettel. Albon kembali ke trek dengan berada di urutan kelima.

Verstappen mengalami spin di lap ke-18! Ia ingin menyalip Perez namun mobilnya justru berputar. Ia bisa kembali membalap, namun posisinya turun ke urutan enam. Di lap ke-20, ia bahkan melorot ke urutan delapan, disalip Daniel Ricciardo (Renault) dan Carlos Sainz (McLaren).

Di lap ke-32, Stroll masih nyaman memimpin di depan, diikuti oleh Perez dan Albon. Vettel di urutan keempat, dan Hamilton kelima. Di lap ke-34, Albon mengalami spin. Hamilton berhasil menyalip ke urutan ketiga. Stroll dan Perez masih di depan.

Stroll masuk ke pit di lap ke-37, Perez mengambil posisi terdepan, disusul Hamilton dan Verstappen. Stroll masuk ke lintasan dengan berada di urutan keempat.

Hamilton terdepan! Masih di lap 37, ia menyalip Perez di tikungan ke-12. Di lap ke-40, Hamilton sudah unggul lebih dari 5 detik atas Perez. Di lap ke-44, Verstappen kemballi masuk pit dan Charles Leclerc (Ferrari) mengambil posisi tiga besar.

Hingga lap ke-58 yang menjadi putaran pamungkas, Hamilton tak mampu dibendung. Ia finis terdepan, diikuti oleh Perez. Vettel berhasil menyalip Leclerc di lap terakhir dan finis di posisi ketiga.

Hasil ini memastikan Hamilton keluar sebagai juara dunia F1 2020, sekaligus gelar ketujuh untuk dirinya. Dengan koleksi 307 poin, ia tak bisa dikejar oleh pesaing terdekatnya, Bottas, yang baru mengumpulkan 197 poin dan finis di urutan ke-14 di balapan ini.