Politik

Kubu Jokowi Mengaku Senang Jika Prabowo Tiru Trump

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kubu Jokowi mengaku senang jika calon presiden Prabowo Subianto meniru gaya kampanye Presiden Amerika Serikan Donald Trump.

Di antara tiruan itu yakni slogan kampanye yang dipakai Prabowo dengan mengubah slogan ‘Make America Great Again’ yang digunakan Trump saat Pilpres AS menjadi ‘Make Indonesia Great Again’.

Menurut Wakil Ketua TKN Joko Widodo-Maruf Amin, Abdul Kadir Karding slogan tersebut memperlihatkan Prabowo memiliki karakter yang sama dengan Trump.

“Saya sih senang ya sebagai jurkam Pak Jokowi jika Pak Prabowo melakukan sama dengan Trump, mengulang-ulang kebohongan, memproduksi hoaks, fitnah sana-sini,” ujar Karding di Rumah Cemara, Jakarta, Kamis (11/10).

Karding menuturkan Trump menggunakan kebohongan, memproduksi hoaks, menebar fitnah, hingga membuat isu bombastis untuk memenangkan Pilpres AS. Cara-cara seperti itu, kata Karding, tidak akan berlaku di Indonesia.

Menurutnya masyarakat Indonesia mengutamakan kejujuran, kesopanan, kesantunan, dan keadaban dalam memilih seorang pemimpin.

“Orang Indonesia melihat ada yang berbohong, itu pasti berpengaruh. Apalagi seorang pemimpin, misalnya menarasikan cerita-cerita bohong. Pasti itu dijadikan ingatan seumur hidup,” katanya.

Atas penilaian itu, politikus PKB ini tidak akan mengkritik tindakan Prabowo meniru Trump. Tim Jokowi hanya akan menyiapkan data untuk menjelasakan hoaks yang akan digunakan oleh kubu Prabowo-Sandiaga.

“Tugas kami itu menjawab secara tepat, menjawab dengan data, fakta. Dan menunjukkan bahwa kami mempunyai komitmen membawa Indonesia lebih maju ke depan,” ujar Karding.

Sebelumnya, Prabowo mempertanyakan mengapa tidak ada pemimpin yang berbicara lantang seperti presiden AS Donald Trump yang memiliki semboyan America First dan Make America Great Again.

“Dia mengatakan America First. Dia mengatakan Make America Great Again. Kenapa kok bangsa Indonesia tidak berani mengatakan ‘bagi bangsa Indonesia, Indonesia First. Make Indonesia Great Again,” ujar Prabowo saat berpidato dalam acara Rakernas LDII di Jakarta, Kamis (11/10).

Sementara itu Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan Prabowo ingin membangkitkan jiwa patriotik dan nasionalisme dengan melontarkan pernyataan Make Indonesia Great Again.

Dahnil membantah Prabowo akan mengikuti jejak Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang juga melontarkan semboyan America First dan Make America Great Again, saat pemilihan presiden 2016.

“Tidak sama sekali (mengikuti jejak Trump), yang dimaksud oleh Pak Prabowo adalah jiwa patriotik dan nasionalisme. Di atas kepentingan pribadi dan golongan, adalah kepentingan bangsa negara. Indonesia adalah segalanya,” kata Dahnil, Kamis (11/10)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close