Sepak Bola

Kualifikasi Piala Dunia 2022, Malaysia Bungkam Timnas Indonesia 2-0

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Skuad Malaysia kembali mengalahkan Timnas Senior Indonesia. Kali ini Harimau Malaysia membungkam Timnas dengan skor 2-0 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11/2019) malam.

Pertandingan Malaysia vs Indonesia merupakan laga kelima babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G.

Pemain Malaysia, Muhammad Safawi Rasid, menjadi bintang dalam pertandingan tersebut lewat brace-nya pada menit ke-30 dan 73.

Kekalahan dari Malaysia di Bukit Jalil merupakan kekalahan kelima yang dialami tim Garuda sepanjang babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Pada empat laga sebelumnya, Indonesia juga selalu kalah, termasuk saat pertemuan pertama dengan Malaysia di Jakarta, 5 September lalu.

Pada empat laga sebelumnya, Indonesia kalah masing-masing 2-3 dari Malaysia; 0-3 dari Thailand; 0-5 dari Uni Emirat Arab; dan 1-3 dari Vietnam.

Tampil di depan pendukungnya sendiri, Malaysia langsung menekan sejak awal laga. Belum semenit berjalannya laga, Mohamadou Sumareh langsung terlibat duel dengan Yanto Basna dalam sebuah serangan yang dibangun lewat sayap kanan.

Bola yang mengarah ke sudut kiri kotak penalti Indonesia langsung disergap Muhammad Ridho. Pada menit keempat, giliran Indonesia yang menekan. Dari sayap kiri, Septian David mengirim umpan ke Greg Nwokolo yang sudah berada di tengah kotak penalti.

Namun Aidil Zafuan langsung melakukan sergapan dan sliding tackle sebelum bola diterima Greg. Pada menit keenam, Indonesia melakukan serangan balik cepat memanfaatkan serangan Malaysia yang gagal.

Febri Haryadi yang terlepas dari pengawalan kemudian mendapat ruang tembak di sisi kiri pertahanan Malaysia. Melihat posisi kiper lawan yang terlalu maju, Febri melepaskan tembakan lambung langsung ke arah gawang.

Namun, bola masih melambung di atas mistar. Kemelut terjadi di depan gawang Indonesia pada menit ke-11. Kemelut diawali saat Muhammad Ridho menepis bola sepak pojok yang langsung diarahkan ke gawang.

Bola muntah mengarah ke kerumuman pemain di depan mulut gawang. Diwarnai perebutan bola yang sengit, Ridho mampu mengamankan bola.

Pada menit ke-20, Indonesia mendapat peluang emas. Lewat serangan balik, Greg berhasil menggocek beberapa pemain Malaysia dan mengumpan ke Febri di sisi kanan penyerangan.

Dengan cepat, Febri menggiring bola mendekati gawang. Namun, sontekannya masih mengenai kaki kanan kiper Malaysia, Khairulazhan Khalid. Bola liar sempat mengarah ke Septian David. Namun, salah satu bek Malaysia dengan cepat menyapu bola.

Usai kejadian tersebut, Khairulazhan Khalid terlihat mengeluhkan sakit pada kakinya. Setelah mendapat perawatan beberapa saat, Khairulazhan akhirnya ditarik keluar dan digantikan Farizal Marlias.

Gawang Indonesia jebol pada menit ke-30 lewat tendangan bebas. Diawali pelanggaran Yanto Basna terhadap Muhammad Safawi Rasid, wasit menghadiahkan Malaysia tendangan bebas tepat di depan kotak penalti.

Muhammad Safawi Rasid yang menjadi eksekutor melepaskan tendangan yang mampu melewati pagar betis dan meluncur ke pojok kiri gawang Muhammad Ridho.

Tertinggal satu gol membuat pemain Indonesia mencoba membalas. Pada menit ke-34, Febri Haryadi dilanggar Corbin Ong Lawrence di sisi luar sebelah kiri kotak penalti Malaysia. Namun, eksekusi yang dilakukan Febri bisa dipatahkan barisan pertahanan Malaysia.

Dua menit berselang, Indonesia kembali mendapat peluang emas. Diawali tendangan bebas Febri Haryadi, bola kemudian disambut Otavio Dutra dengan sundulan dari sudut kanan gawang Malaysia.

Bola ditepis Farizal Marlias. Namun, terjadi kemelut di depan gawang. Meski diwarnai perebutan bola antarpemain kedua tim, gawang Malaysia masih aman.

Keunggulan Malaysia dengan skor 1-0 bertahan hingga istirahat. Saling jual beli serangan mewarnai jalannya babak kedua.

Pada menit ke-60, Gavin Kwan dilanggar Mohamadou Sumareh di sudut kiri depan kotak penalti Malaysia. Wasit menghadiahkan tendangan bebas untuk Indonesia. Namun, sepakan Febri Haryadi yang dihalau Brendan Gan hanya menghasilkan sepak pojok.

Empat menit berselang, Mohamed Syamer Kutty membuang peluang Malaysia untuk menggandakan keunggulan saat tendangannya melambung di atas mistar gawang Indonesia.

Pada menit ke-69, Brendan Gan melepaskan tendangan keras yang masih bisa ditepis Ridho. Malaysia menggandakan keunggulan pada menit ke-73.

Memanfaatkan kesalahan Yanto Basna, Safawi Rasid berhasil merebut bola dan melepaskan tendangan keras yang sama sekali tak bisa direspons oleh Ridho.

Indonesia mendapat penalti pada menit ke-82 setelah Febri Haryadi dilanggar Farizal Marlias. Namun, eksekusi Osas Saha terbaca dan bisa ditangkap Farizal. Keunggulan 2-0 untuk Malaysia bertahan hingga laga usai.

Berikut susunan pemain Malaysia Vs Indonesia:

Malaysia:

22-Khairulazhan Khalid (1-Farizal Marlias 23′); 3-Shahrul Mohd Saad, 6-Corbin Ong Lawrence, 7-Aidil Zafuan, 4-Muhammad Syahmi Safari, 8-Muhamad Nur Azam (12-Afiq Fazail 80′), 14-Mohamed Syamer Kutty, 15-Brendan Gan, 19-Muhammad Akhyar Rashid (9-Nor Shahrul Idlan Talaha 46′), 11-Muhammad Safawi Rasid, 13-Mohamadou Sumareh

Pelatih: Tan Cheng Hoe

Indonesia:

1-Muhammad Ridho; 22-Gavin Kwan, 16-Yanto Basna, 5-Otavio Dutra, 16-Ricky Fajrin; 19-Bayu Pradana, 6-Hendro Siswanto, 4-Teuku Muhammad Ichsan (14-Rizky Pora 78′); 13-Febri Haryadi, 7-Septian David Maulana (8-Dendi Santoso 67′), 10-Greg Nwokolo (11-Osas Saha 58′)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close