Internasional

KTT Antar-Korea Akan Disiarkan Langsung

SEOUL, SENAYANPOST.com – Korea Utara dan Korea Selatan disebut sepakat untuk menyiarkan secara langsung Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea yang bakal berlangsung pekan depan (27/4/2018). Dengan begitu, KTT itu bisa dinikmati warga dunia.

AP via The Washington Post melansir Rabu (18/4/2018), Direktur Pers Kantor Kepresidenan Korsel, Kwun Hyuk Ki mengatakan, memang tak semua bagian dari KTT itu bakal disiarkan.

Bagian yang bisa disaksikan dunia antara lain di mana Pemimpin Korut Kim Jong Un melintasi Garis Demarkasi Militer sebagai simbol perdamaian.

“Atau momen ketika Pemimpin Kim dan Presiden Moon Jae In berjabat tangan di kawasan demiliterisasi Panmunjom,” sebut Kwun.

Ia menjelaskan, pertemuan tambahan bakal digelar untuk membahas protokol, keamanan, dan peliputan media selama KTT berlangsung.

Sebelumnya, Seoul menyatakan kalau saluran telepon khusus bakal diujicobakan Jumat (20/4). Nantinya, Kim dan Moon bakal saling bercakap-cakap untuk kali pertama sebelum bertemu secara langsung di KTT.

Peneliti di Institut Nasional untuk Unifikasi Korea, Cho Han Bum memaparkan argumen mengapa Korut memutuskan untuk mengizinkan pertemuan bisa disiarkan secara langsung.

Kim, beber Cho, sadar bahwa perhatian dunia saat tengah mengarah kepadanya.

“Melalui siaran itu, dia ingin menunjukkan perubahan citra,” paparnya seperti dilansir Inquirer News.

Menurut Cho, Kim ingin menunjukkan bahwa dia bukanlah pemimpin tiran, melainkan pemimpin dari sebuah negara normal yang ada di dunia. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close