KSAD Ubah Ratusan Rumah Kumuh Prajurit TNI Jadi Mewah

KSAD Ubah Ratusan Rumah Kumuh Prajurit TNI Jadi Mewah
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Ada kabar gembira untuk prajurit militer Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat. Sebab, Kepala Staf AD, Jenderal Andika Perkasa lagi gencar-gencarnya memperjuangkan kehidupan pasukannya untuk lebih baik.

Salah satu yang dilakukan Jenderal TNI Andik untuk membuat prajurit TNI AD bisa hidup nyaman ialah, melakukan renovasi terhadap perumahan prajurit yang sudah kurang layak.

Seperti yang baru saja dilakukan pada ratusan perumahan milik prajurit dari Batalyon Infanteri 403/Wirasada Pratista, Komando Daerah Militer IV/Diponegoro.

Berdasarkan siaran resmi TNI AD, Selasa (19/1/2021), Komandan Yonif 403/WP, Mayor Infanteri Ade Pribadi Siregar menuturkan, ada sebanyak 597 rumah prajurit yang direnovasi sesuai perintah Jenderal TNI Andika.

Mayor Ade menceritakan, awalnya dia tak tahu bahwa Jenderal TNI Andika bakal merenovasi perumahan pasukannya.

Jadi kata Mayor Ade, pada suatu hari tiba-tiba saja Jenderal TNI Andika Perkasa memintanya untuk mengirimkan foto kondisi perumahan prajurit Yonif 403/WP.  Dan ketika itu pula Jenderal TNI Andika terkejut melihat kondisi rumah prajurit.

"Satu kata yang saya ingat, beliau mengatakan, masih ada ya perumahan prajurit yang notabene ada di tengah Kota Yogyakarta masih seperti ini," kata Danyon Infanteri Mayor Inf Ade Pribadi Siregar, Selasa, 19 Januari 2021.

Kemudian, kata Mayor Ade, Jenderal TNI Andika Perkasa meminta kepada seluruh jajarannya untuk melakukan perencanaan renovasi 597 perumahan TNI AD tersebut.

Danyon Inf 403/WP menjelaskan, pembangunan 597 perumahan yang nantinya akan digunakan para keluarga TNI AD itu nantinya akan diperuntukan prajurit Bintara dan Tamtama Yonif 403/WP.

Tidak hanya itu, dia berharap, pembangunan 597 unit perumahan untuk prajurit TNI AD itu diharapkan dapat menjadi percontohan kesatuan lain yang akan melakukan renovasi perumahan prajurit.

“Perubahan yang menonjol untuk rumah yang direnovasi adalah ukuran rumah baru sebenarnya mengecil namun luas rumah menjadi lebih besar, fasilitas yang diberikan pun sangat lengkap salah satunya kamar mandi dilengkapi shower dengan menggunakan lantai granit. Itu semua pilihan dari bapak KSAD,” ujarnya.

Tahap selanjutnya, lanjut Danyon Inf 403/WP, pembangunan pembaharuan perumahan akan dilaksanakan di Kompi Senapan C Yonif 403/ WP sebanyak 7 unit barak prajurit.

Hal itu merupakan bentuk kepedulian serta apresiasi Kepala Staf Angkatan Darat, kepada setiap prajurit yang telah mengemban tugas berat TNI AD. Keberadaan hunian yang layak akan menimbulkan rasa aman serta kehangatan saat bersama keluarga.

“Sangat bersyukur dan terima kasih kepada bapak Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa yang sudah peduli kepada kami Prajurit TNI AD terutama Yonif 403/ WP, bangunan perumahan yang sekarang sangat luar biasa dan nyaman,” kata Mayor Inf Ade Pribadi Siregar.

Sebelum dilakukan renovasi, kondisi perumahan prajurit TNI sangat memprihatinkan. Kondisi rumah tampak kumuh karena sudah termakan usia. Rumah berjejer rapat dengan ukuran kecil dan banyak atap yang sudah bocor hanya ditambal dengan terpal.

Namun, setelah Jenderal TNI Andika memutuskan untuk merubahnya. Perumahan prajurit Yonif 403/WP kini berubah jadi  sebuah perumahan mewah dan asri.