KSAD Tegaskan Semua Lab PCR RS TNI AD Segera Beroperasi

KSAD Tegaskan Semua Lab PCR RS TNI AD Segera Beroperasi
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa memastikan pembangunan laboratorium polymerase chain reaction (PCR) di rumah sakit (RS) TNI AD berjalan lancar.

Fasilitas ini disediakan dengan dukungan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Pertahanan (Kemhan).
 
Andika mengatakan dari laporan yang diterimanya, lab PCR yang didukung BNPB telah beroperasi di sejumlah RS. Peralatan sedang dipasang di 5 rumah sakit lainnya, yakni RS Slamet Riyadi Solo, RS Wolter Monginsidi Palu, RS Suharsono Banjarmasin, RS Latumenten Ambon, dan RS Daan Mogot Jakarta.
 
"Saya rasa perkembangan Lab PCR sudah tinggal sedikit lagi untuk semua dapat beroperasi. Khusus untuk BNPB seharusnya minggu depan sudah dapat beroperasi semua," kata Andika dalam rapat koordinasi melalui telekonferensi.

Andika menjelaskan untuk dukungan lab PCR dari Kemhan, proses instalasi masih dilakukan di beberapa RS. Lab yang akan mulai beroperasi ada di RS Purwokerto, RS Husada Jember, RS Udayana Denpasar, dan RS Moh Ridwan.

Jenderal berbintang empat itu mengaku akan terus memantau perkembangan kondisi lab PCR dukungan dari Kemhan agar pelayanan terkait virus korona (covid-19) masyarakat bisa maksimal. Andika juga memantau berkala ketersediaan stok reagen dan plasma konvalesen di RSPAD.
 
"Lab PCR berbasis kontainer dari Kemhan, saya juga ingin dengar kondisinya Jumat depan," jelas Andika.