KSAD Lepas 125 Prajurit TNI AD yang Bakal Latihan JRTC Bersama US Army

KSAD Lepas 125 Prajurit TNI AD yang Bakal Latihan JRTC Bersama US Army
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa melepas keberangkatan 125 prajurit TNI AD yang akan menjalani latihan Joint Readiness Training Center (JRTC), bersama militer Amerika Serikat (US Army).

“Kami ingin secara resmi mengirimkan pasukan kami, berlatih di Ford Folk. Dan saya pikir ini salah satu momen terbesar dalam hubungan bilateral antara US Army dan TNI AD,” kata Andika dalam keterangannya di Jakarta.

Andika mengatakan, kemungkinan latihan ini akan berlanjut di tahun depan. Dimana pasukan yang akan dikirimkan pun jumlahnya lebih besar. “Saya percaya ini akan berlanjut, kami akan mempersiapkan yang berikutnya. Tahun depan mungkin kita akan mengirimkan lebih banyak,” beber Andika.

Ia pun berharap, dengan adanya latihan bersama ini dapat meningkatkan kemampuan pasukan TNI AD ke depannya. “JRTC dengan Amerika ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan TNI AD dalam membangun rencana, mengimplementasikan inventory, artilerry dan cavalry,” ujarnya.

Pelepasan terhadap 125 prajurit yang akan berangkat ke Amerika Serikat dilakukan di Mabes AD, Jakarta Pusat. Dalam pelepasan itu turut hadir juga perwakilan US Army yakni Direktur Latmah dari Kedubes Amerika Serikat.

Selain itu, 125 prajurit itu telah melewati tes usap atau swab test Covid-19 sebagai pemenuhan standar protokol kesehatan yang berlaku.