KSAD Bakal Kirimkan Prajurit TNI ke Royal Military Academy Sandhurst Inggris

KSAD Bakal Kirimkan Prajurit TNI ke Royal Military Academy Sandhurst Inggris

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa melakukan pertemuan dengan Atase Pertahanan (Athan) Inggris Grp Capt Michael Longstaff.

Pertemuan tersebut membahas penawaran kerja sama pendidikan TNI Angkatan Darat untuk menempuh pendidikan militer di Royal Military Academy Sandhurst, Inggris.⁣

Longstaff mengatakan, perwira TNI AD yang terpilih akan menempuh pendidikan di sana selama satu tahun. Dirinya mengatakan segera kembali ke Indonesia untuk membahas kerja sama ini lebih lanjut.

“Saya akan kembali tahun ini atau tahun depan untuk membahas kerja sama ini, saya pikir tentara Indonesia bisa datang ke Sandhurst selama satu tahun,” ucapnya dalam sebuah video yang ditayangkan oleh TNI AD.

Menanggapi ajakan kerja sama tersebut, Andika menyembut baik. Dia menuturkan TNI AD akan mengirimkan beberapa perwakilan personel untuk belajar langsung. ⁣

“Saya ingin personel TNI ada yang dikirim ke Inggris, Amerika atau Jepang untuk mempelajari sistem pendidikan di sana. Karena di antara mereka yang dikirim pasti akan menjadi pemimpin di jajaran TNI,” ujarnya.

Kepada jajaran TNI AD yang ikut dalam pertemuan, Andika mememinta mereka untuk mulai memilih personel TNI atau perwira siswa, terutama yang sedang menempuh pendidikan di Akademi Militer (Akmil). Menurutnya prajurit sudah masuk tingkat III bisa langsung dikirim ke Sandhurst selama satu tahun.⁣

“Jadi satu tahun adalah waktu yang terbaik. Kerja sama militer dengan berbagai negara menjadi salah satu hal penting untuk membuat hubungan diplomasi militer berjalan baik,” katanya.