Kritik Sikap Puan dan Terancam Dipolisikan, Nikita Mirzani Ingatkan Pancasila

Kritik Sikap Puan dan Terancam Dipolisikan, Nikita Mirzani Ingatkan Pancasila
Pua Maharani dan Nikita Mirzani. (tribunnews)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Bukan Nikita Mirzani kalau tidak bikin heboh. Karena memang itulah salah satu ciri khas artis yang sering disapa Nyai itu.

Kini, Nikita Mirzani mulai menyerempet politik. Belum lama ini ia ikut bersuara terkait tindakan Puan Maharani yang mematikan mic saat penetapan UU Cipta Kerja. 

Ungkapan Nikita Mirzani itu pun langsung menjadi sorotan banyak kalangan. Dan sudah bisa dipastikan, ungkapan Nikita MIrzani bukan hanya menjadi sorotan, Nikita Mirzani juga terancam dipolisikan karena masalah tersebut. 

Terancam dipolisikan karena masalah tersebut, Nikita Mirzani pun mengingatkan kembali Pancasila.

"Buat Yg lupa PANCASILA :merupakan dasar serta landasan ideologi bagi bangsa Indonesia. itu berarti setiap nilai yg terkandung dlm Pancasila hrs dijadikan dasar hidup bernegara.Nama Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta yg terdiri dari 2kata, yaitu panca yg berarti 5 & sila yg berarti prinsip atau asas. Hal itu berarti ada 5 pedoman penting rakyat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," buka Nikita Mirzani dalam Instagram miliknya.

Dalam Instagram miliknya, Nikita Mirzani bicara soal makna Pancasila dan juga arti dari lambang yang ada di Pancasila.

"1. Lambang Bintang. simbol sila ke 1 dlm pancasila berbunyi "Ketuhanan Yang Maha Esa".Lambang bintang tsb memiliki makna sebagai sebuah cahaya yaitu yg dipancarkan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada umat manusia.Kemudian latar belakang hitam pada lambang bintang emas tsb menggambarkan warna alam, berkah dari Tuhan yang menjadi sumber segalanya di muka bumi. 

2. Rantai Emas. lambang dari sila ke2 yg berbunyi "Kemanusiaan yang adil dan beradab".Mata rantai dlm simbol tsb berbentuk persegi&lingkaran yg salin mengaitkan. Mata rantai berbentuk persegi 4 merupakan lambang laki2, sedangkan mata rantai lingkaran menggambarkan perempuan. Kemudian mata rantai yg saling mengaitkan melambangkan hubungan timbal balik antarumat manusia, baik laki2 maupun perempuan," sambung Nikita Mirzani.

3. Pohon Beringin. simbol sila ke3 yg berbunyi "Persatuan Indonesia". Sementara, sulur-sulur pd pohon beringin melambangkan suku, keturunan & agama yg berbeda-beda di Indonesia. Meski berbeda-beda, mereka tetap bersatu sebagai bangsa Indonesia di beh lambang Pancasila. 

4.Kepala Banteng. simbol sila ke4 Pancasila yg berbunyi "Kerakyatan yg dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan"Banteng diartikan sebagai hewan sosial yg suka berkumpul&bergerombol.Saat banteng berkumpul, menjadi lebih kuat & sulit diserang lawan.jadi lambang kepala banteng tsb menggambarkan budaya bangsa Indonesia yang senang berkumpul, berdiskusi, &bermufakat.Kepala banteng menjadi perumpamaan manusia dlm mengambil keputusan, yakni yg hrs dilakukan secara tegas.

5. Padi & Kapas. simbol sila ke5. Padi & kapas melambangkan 2 hal yg Di butuhkan manusia Demi bisa bertahan hidup.padi melambangkan ketersediaan makanan, sementara kapas ketersediaan pakaian. Dgn adanya ketersediaan pangan&pakaian, manusia akan bisa bertahan&hidup dgn nyaman," tulisnya lagi.

Postingan Nikita Mirzani itu langsung banyak mendapatkan komentar dari netizen. Banyak dari mereka yang memberikan dukungannya terhadap Nikita Mirzani.

"Semoga nyai bisa menjadi penyambung suara rakyat. Karna apalah kita yang bukan siapa siapa yang ketika berpendapat tentu tidak akan di dengar," ungkap akun Meg***.

"Nyaiiiiii semangattt, ada yg laporin tuhh gaterima dikritik nyaii," beber akun dw***. (Jo)