Kritik Presiden Erdogan, Enes Kanter: Dia Diktator!

Kritik Presiden Erdogan, Enes Kanter: Dia Diktator!
Milwaukee Journal Sentinel

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Bintang NBA asal Turki Enes Kanter meluapkan kemarahan kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Kemarahan itu menyusul tindakan presiden itu untuk menahan anak-anak di bawah umur yang diduga mengkritik pemerintahannya.

Mengutip dari akun Twitternya @EnesKanter, bintang klub basket Portland Trail Blazers itu mengatakan bahwa Erdogan adalah seorang diktator.

"Luar biasa! Tyrant ini @RTErdogan sekarang menggugat ANAK-ANAK hanya karena menghina dia. Lebih dari 260 anak berusia 12-14 tahun telah dibawa ke pengadilan Turki karena tuduhan palsu ini. Lebih dari 33.000 warga Turki menyelidiki tahun lalu hanya karena "menghina" #DictatorErdogan" cuit pemain basket yang lahir di Swiss itu seperti dikutip CNBC Indonesia, Jumat (18/12).

Selain Enes Kanter, tercatat beberapa atlet olahraga juga beberapa kali mengkritik pemerintahan Erdogan yang terkesan otoriter. Atlet-atlet itu ialah pemain bola Deniz Nak, petinju Unsal Arik, dan pesepakbola Hakan Sukur. Beberapa dari mereka bahkan pernah ditahan dan dilarang masuk ke negeri Anatolia itu.

Dibalik kegemilangannya di dunia sebagai pemimpin, Erdogan memang memiliki sejarah panjang yang gelap dengan para pengkritik. Bahkan kritik itu tidak hanya datang dari dalam negeri Turki namun juga masyarakat asing. Beberapa waktu lalu, figur islam terkuat dunia itu pernah digambarkan media Jerman sedang melakukan "kegiatan Nazi".