Politik

KPU Usul Debat Pilpres Terakhir Digelar 9 April

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Ketua KPU Arief Budiman menyatakan, pihaknya telah menetapkan empat dari lima waktu penyelenggaraan debat Pilpres 2019. Adapun untuk pelaksanaan debat terakhir belum ditentukan, karena masih mencari waktu agar tak terlalu dekat hari pencoblosan 17 April 2019.

Arief bilang, pihaknya mengusulkan agar debat pilpres kelima dan terakhir itu digelar 9 April mendatang. Hal itu disampaikan Arief seusai rapat evaluasi debat pilpres kedua bersama Bawaslu, kedua timses, dan stasiun TV penyelenggara.

“Untuk debat kelima KPU mengusulkan 9 April. Tempatnya masih dicari,” kata Arief di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).

Dia menjelaskan, KPU masih memberikan waktu kepada Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi untuk saling berkoordinasi menentukan waktu penyelenggaraan debat kelima.

“Mereka kami beri kesempatan untuk berembuk. Kalau mereka bisa bersepakat dengan tanggal, maka kami bisa menyepakati tanggal yang diajukan,” ucap Arief.

Namun, jika sampai tenggat waktu TKN dan BPN belum menemukan kesepakatan terkait waktu penyelenggaraan, KPU akan langsung ambil keputusan debat kelima diadakan 9 April 2019.

“Tapi kalau mereka tidak (temukan kesepakatan), maka KPU yang memutuskan. Jadi semua kewenangan itu ada di KPU. Tapi kami kan selalu berdialog membuka ruang untuk diskusi dan masukan,” tutup Arief.

Debat pilpres kelima akan diikuti kedua paslon dengan tema ‘Ekonomi, Kesejahteraan Sosial, Keuangan, Investasi, Perdagangan, dan Industri’.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close