Politik

KPU Umumkan Daftar Calon Sementara Bacaleg 12 Agustus

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan daftar calon sementara (DCS) bacaleg 2019 pada lusa, Minggu (12/8).

“Iya, insyaallah (pengumuman DCS) tanggal 12 Agustus 2018,” kata komisioner KPU Hasyim Asy’ari di Jakarta Pusat, Jumat (10/8).

Saat ini KPU tengah melakukan pencocokan data sebelum DCS diumumkan. Pencocokan ini dilakukan bersamaan dengan liaison officer (LO).

“Enggak, ini sinkronisasi antara KPU dan LO partai. Sebelum pengumuman kan ngecek lagi nama-namanya segala macam, sinkronisasi sampai 11 Agustus 2018,” terang Hasyim.

Hasyim mengatakan, nantinya, setelah ditetapkan, DCS tak dapat dilakukan perbaikan. Perbaikan dapat dilakukan bila terjadi hal tertentu, seperti meninggal dunia.

“Sudah tidak bisa lagi (diganti), dicoret (eks napi korupsi) nggak masuk DCS. Nggak bisa, kecuali ada hal-hal tertentu,” tuturnya.

Sebelumnya, KPU melakukan tahapan verifikasi perbaikan dokumen bacaleg. Perbaikan ini dilakukan selama tujuh hari terhitung sejak 1 hingga 7 Agustus 2018.

Tahapan ini dilanjutkan dengan penyusunan dan penetapan DCS pada 8-12 Agustus 2018. Setelah itu dilakukan penetapan DCS pada 12-14 Agustus 2018.

Nantinya, DCS ini akan ditetapkan menjadi daftar calon tetap (DCT) pada 20 September 2018. Jadwal ini dilakukan sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close