Lintas Daerah

KPU Kota Yogyakarta Temukan Banyak Tanda Tangan Berbeda

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com — Komisi Pemilihan Umum Kota Yogyakarta banyak menemukan bentuk tanda tangan yang berbeda. Temuan ini berasal dari penelitiaN terhadap berkas dukungan calon perseorangan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

“Pendukung dengan tanda tangan berbeda tersebut perlu kami klarifikasi secara langsung untuk memastikan apakah tanda tangan tersebut milik mereka atau tidak,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta Wawan Budiyanto di Yogyakarta, Rabu (9/5/2018).

Ia mengatakan proses klarifikasi tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan penelitian administrasi untuk memastikan jumlah dukungan kepada bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari DIY yang sudah melakukan pendaftaran di KPU DIY.

Dikatakan jumlah dukungan yang perlu diklarifikasi di Kota Yogyakarta mencapai sekitar 1.000 data pendukung yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di wilayah tersebut dan diharaokan Senin pekan mendatang.

Petugas, jelasnya, tidak mengalami kesulitan saat melakukan klarifikasi karena bisa bertemu langsung dengan pendukung. Namun, jika pendukung tidak dapat ditemui secara langsung, maka penghubung bakal calon DPD harus bisa menghadirkannya.

Selain tanda tangan yang tidak sesuai, temuan lain yang perlu diklarifikasi adalah usia pendukung kurang dari 17 tahun tetapi dinyatakan menikah atau data kartu tanda penduduk terlihat buram sehingga tidak bisa terbaca dengan baik.

Seluruh hasil klarifikasi dari penelitian administrasi akan kembali diserahkan ke KPU DIY sebagai dasar penghitungan jumlah dukungan yang memenuhi syarat dari seluruh bakal calon DPD. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close