Lintas Daerah

KPU Kota Yogyakarta Segera Bentuk Pantarlih

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com — Meski tinggal punya waktu sekitar dua minggu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta optimistis dapar segera membentuk Pantarlih (Panitia Petugas Pemutakhiran Data Pemilih.

“Masih cukup waktu untuk membentuk petugas pemutakhirabln data pemilih,” kata Ketua KPU Kota Yogyakarta, Wawan Budiyanto, Rabu (4/4/2018) di Yogyakarta.

Menurut dia salah satu dasar pembentukan pantarlih adalah kepastian jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang akan digunakan dalam Pemilu 2019 di Kota Yogyakarta karena di tiap TPS akan ada satu pantarlih.

Ia menjelaskan hingga kini data pemilih untuk Pemilu 2019 belum juga diterima oleh KPU Kota Yogyakarta padahal data tersebut dibutuhkan untuk menentukan TPS dan terdapat perbedaan yang cukup signifikan dalam penentuan TPS.

Salah satu perbedaannya adalah jumlah maksimal pemilih di tiap TPS yang berkurang menjadi 300 orang dari ketentuan sebelumnya sebanyak 600 pemilih di tiap TPS.

“KPU RI sudah memberikan gambaran kasar mengenai jumlah TPS pada Pemilu 2019 di Kota Yogyakarta. Diperkirakan, akan ada 1.429 TPS. Namun, kami tentu masih harus melakukan verifikasi lagi terutama untuk mengatur pemilih agar mereka bisa mengakses TPS dengan mudah,” kata Wawan. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close