Lintas Daerah

KPU Kota Yogyakarta Mulai Lakukan Rekapitulasi Tingkat Kecamatan

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Komisi Pemilihan Umum Kota Yogyakarta, memulai penghitungan suara (rekapitulasi) hasil Pemilu 17 April pada Jumat (19/4/2019).

Anggota KPU Kota Yogyakarta, Siti Nurhayati, Jumat di Yogyakarta menjelaskan, langkah itu dilakukan setelah melewati masa penghitungan suara di TPS berakhir.

Menurut dia, Mahkamah Konstitusi memberi waktu pemungutan suara hingga penghitungan suara di TPS hingga Kamis (18/4/2019) pukul 12.00 WIB.

“Karena itu, penghitungan suara di tingkat kecamatan belum bisa dilakukan pada hari Kamis. Dan baru dilakukan mulai Jumat,” ujarnya.

Rekapitulasi di tingkat kecamatan ini, imbuhnya dilakukan secara bertahap yakni penghitungan suara tiap TPS di satu kelurahan dilanjutkan dengan rekapitulasi tingkat kecamatan.

Diperkirakan penghitungan suara di tingkat kecamatan ini akan selesai dalam waktu lima hari. Rekapitulasi ini, ujarnya dilakukan secara terbuka, sehingga dapat disaksikan oleh masyarakat.

Dikatakan, rekapitulasi ini dilakukan berdasar C-1 Plano dari tiap TPS. “Untuk penghitungan ini kamu hanya menyandarkan data yang terpindai di C-1,” tegasnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close