Lintas DaerahPolitik

KPU Jombang Diserang Video Hoaks Kecurangan Pemilu

JOMBANG, SENAYANPOST.com – Kendati pemilu sudah usai, namun hoax masih saja terjadi. Sebuah video berisi tentang dugaan kecurangan Pemilu 17 April 2019 di Jombang, beredar secara berantai. Video berdurasi 2 menit 59 detik itu pertama kali muncul di youtube, yakni akun Hijrah Channel dan TV explore news.

Video tersebut berjudul judul “Indikasi curang, emak-emak labrak gudang KPU di Jombang, Jatim”. Dalam tayangannya, nampak beberapa orang yang sebagian besar kaum hawa melabrak petugas KPU.

Mereka mengaku menemukan adanya pemindahan surat suara secara diam-diam ke gudang yang bukan peruntukannya. Pemindahan itu dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Padahal seharusnya, sesuai tahapan dan aturan menurut mereka, surat suara tersebut dikirim ke kantor kecamatan untuk dilakukan rekapitulasi oleh petugas PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan).

“Ini kami menyaksikan, kok ada banyak kotak suara dibawa masuk gudang ini, ada apa ini, kan nggak boleh, kami lihat lho,” ujar ibu-ibu dalam tayangan video tersebut.

Terkait beredarnya video itu, Ketua KPU Kabupaten Jombang, Muhaimin Shofi secara tegas membantahnya. Dia juga memastikan bahwa video tersebut adalah hoaks.

“Gudang KPU Jombang tidak seperti itu,” ujar Muhaimin, Senin (22/4/2019).

Muhaimin lantas menyebut gudang yang digunakan oleh KPU Jombang. Diantaranya, di gedung Tennis Indoor, GOR Merdeka dan di kantor KPU sendiri. Nah, dalam tayangan video itu, gudang tersebut tidak ada kemiripan sama sekali. Oleh sebab itu, Muhaimin memastikan bahwa video tersebut hoaks.

Kejanggalan lainnya, menurut Muhaimin, logat bicara beberapa orang yang ada dalam video tersebut bukanlah orang asal Jombang.

“Kami akan koordinasi dengan anggota KPU lain untuk menentukan sikap selanjutnya. Sebab, kejadian ini sudah sangat meresahkan masyarakat Jombang,” ungkapnya.

Muhaimin menambahkan, saat ini proses rekapitulasi hasil pemungutan suara masih berlangsung di masing-masing kecamatan. Sehingga tidak ada satupun surat suara yang sudah dibawa ke gudang KPU. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close