Lintas DaerahPolitik

KPU Gunungkidul Pastikan Ngadiyono Kembali Masuk DCT

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Yogyakarta memutuskan, KPU harus mengembalikan kedudukan Ngadiyono sebagai caleg Partai Gerindra untuk DPRD Gunungkidul. Sehari setelah putusan itu, KUP Gunungkidul menyatakan akan segera menempatkan kembali Ngadiyono dalam DCT (Daftar Calon Tetap).

Komisioner KPU Gunungkidul, Andang Nugroho, Selasa (26/3/2019) di Gunungkidul menjelaskan, KPU Gunungkidul telah mengikuti sidang putusan tersebut, sehingga dapat dengan cepat menentukan langkah. “Kami akans egera menggelar pleno untuk mengembalikan Ngadiyono dalam DCT,” katanya.

Ngadiyono sempat dicoret dari DCT usai Pengadilan Negeri Sleman menyatakan bersalah karena mendatangi kampanye dengan menggunakan fasilitas negara. Karena itu, KPU Gunungkidul kemudian menyoret nama Ngadiyono dari DCT.

Namun kemudian PTUN Yogyakarta memerintahkan agar Ngadiyono kembali didudukkan sebagai caleg dalam DCT.

“Pengembalian status DCT Ngadiyono, tidak akan memakan waktu lama mengingat saat sidang putusan, majelis hakim meminta KPU Kabupaten Gunungkidul untuk sesegera mungkin menindaklanjuti hasil putusan sidang tersebut. Sesuai amar putusan akandikembalikan dan tidak boleh lebih dari tiga hari,” katanya.

Secara terpisah, Ngadiyono mengatakan putusan sidang tersebut merupakan jawaban dari usahanya bersama tim kuasa hukum mencari keadilan. Dia menilai dengan keputusan ini masih ada pengadilan yang adil. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close