Politik

KPU Garut Gelar Simulasi Pencoblosan

GARUT, SENAYANPOST.com – Demi tingkatkan partisipasi pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, melakukan kegiatan simulasi pencoblosan.

Ketua KPU Kabupaten Garut, Junaidin Basri, mengatakan bahwa simulasi pelaksanaan dan pengamanan pemilihan di tempat pemungutan suara (TPS) itu sengaja di kawasan pedesaan yang tingkat partisipasinya rendah.

“Wilayah pedesaan memang masih dianggap rendah partisipasinya, kami harap acara ini bisa meningkatkan partisipasi pemilih,” kata Junaidin saat dilakukan simulasi di Desa Cimurah, Kecamatan Karangpawitan, Garut, Rabu (27/3/2019).

Simulasi dilaksanakan bersama unsur TNI, Polri, penyelenggara pemilu tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa, termasuk masyarakat, untuk kesiapan pengamanan sekaligus menyosialisasikan pesta demokrasi kepada masyarakat.

Pihaknya memilih Desa Cimurah karena partisipasi masyarakatnya dalam pemilu masih rendah.Ia berharap simulasi ini bisa mendongkrak partisipasi pemilih.

Simulasi dilaksanakan seperti adanya gangguan keamanan dan ketertiban di TPS, kemudian jajaran petugas mengamankan pihak yang melakukan kekacauan.

“Simulasi ini dilakukan untuk identifikasi kejadian apa saja yang bisa terjadi,” katanya.

Kegiatan simulasi itu diawali dengan datangnya sejumlah pemilih yang tidak dapat memberikan hak suaranya karena tidak memenuhi syarat sebagai pemilih.

“Simulasi ini bertujuan agar kami dan aparat keamanan bisa mengetahui kekurangannya dan bisa diperbaiki,” katanya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close