Lintas Daerah

KPU Cianjur Temukan Kekurangan Ribu Surat Suara

CIANJUR, SENAYANPOST.com – Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cianjur, Endan Hamdani, mengatakan setelah dilakukan penyortiran surat suara pemilihan DPR RI, ditemukan kekurangan sebanyak 4.634 dari 1,7 juta lembar surat suara.

“Dalam penyoritan suara suara itu, kami menemukan sebanyak 534 lembar surat suara mengalami kerusakan dan kekurang sebanyak 4.091, jadi total kerusakan dan kekurangan sebanyak 4.634 lembar surat suara,” katanya di Cianjur, Senin (18/3/2019).

Kegiatan penyortiran dan pelipatan gelombang tiga tersebut berlangsung selama empat hari dengan diikuti oleh 500 orang yang dibagi dalam 25 kelompok, yang mana setiap kelompoknya terdiri dari 20 orang dan diawasi satu orang pengawas. Dalam kegiatan tersebut, setiap harinya selalu ada berita acara harian yang pada hari terakhir direkap secara keseluruhan.

“Kami memberikan target pada penyortir sebanyak 50 box surat suara, isi satu box sebanyak 500 lebar surat suara. Perlembar mereka mendapatkan upah sebesar Rp80 rupiah,” katanya.

Pihaknya mencatat setelah dilakukan penyortiran gelombang pertama untuk surat suara pemilihan presiden, pihaknya menemukan 3.370 surat suara rusak dan kekurangan saat pengiriman sebanyak 23.835 lembar surat suara, sehingga kekurangan surat suara untuk pilpres sebanyak 27.205.

“Penyortiran gelombang kedua untuk pemilihan DPD-RI, ditemukan kelebihan surat suara sebanyak 3.608,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close