Metropolitan

KPK Pastikan Penyelidikan Kasus Century, Sumber Waras, hingga Newmont Tetap Lanjut

JAKARTA, SENAYANPOST.com – KPK di bawah kepemimpinan Komjen Firli Bahuri telah menghentikan 36 kasus yang masuk tahap penyelidikan. Hal itu lantaran beberapa pertimbangan, di antaranya waktu penyidikan yang sudah berjalan bertahun-tahun dan tidak ditemukannya bukti yang cukup.

Muncul pertanyaan apakah kasus-kasus besar juga ikut dihentikan penyelidikannya. Kasus-kasus itu seperti dugaan korupsi divestasi Newmont, Bank Century, hingga pembelian Rumah Sakit Sumber Waras.

Plt juru bicara KPK, Ali Fikri, mengatakan kasus-kasus tersebut tidak dihentikan alias penyelidikannya tetap lanjut.

“Saya sebutkan tadi apakah yang di Lombok (Newmont -red) kemudian RJ Lino, kemudian Century, kemudian BLBI. Saya pastikan jelas itu bukan termasuk itu,” kata Ali di Jakarta, Kamis (20/2/2020).

“Supaya clear. Jadi ini perkara (yang dihentikan) bukan yang disebutkan atau yang ditanyakan teman-teman tadi. Bukan NTB, bukan RJL, bukan Century, Sumber Waras bukan. kami memastikan itu,” lanjutnya.

Meski demikian, Ali tak bisa merinci kasus apa saja yang dihentikan penyelidikannya. Sebab informasi mengenai penyelidikan merupakan rahasia.

“Tentunya kami tidak bisa melakukan atau menyampaikan secara rinci 36 itu perkara dugaan atau sprinlidik nomer berapa. Karena ini proses penyelidikan tentunya sebagai di UU keterbukaan informasi adalah informasi yang dikecualikan,” kata Ali.

Ali menambahkan, penghentian kasus di tahap penyelidikan bukanlah yang pertama kali dilakukan KPK. Ia menyebut dalam 5 tahun terakhir, sudah ada ratusan kasus yang dihentikan penyelidikannya.

“Penghentian proses perkara penyelidikan tentu bukan untuk pertama kali, ya. Karena di KPK sejak 5 tahun terakhir ada sekitar 162 perkara yang sudah dihentikan proses penyelidikannya karena antara lain adalah bukti permulaan yang tidak cukup,” katanya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close