Hukum

KPK Limpahkan Berkas Perkara Bupati Nonaktif Lampung Utara

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan berkas perkara Bupati Nonaktif Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara, Raden Syahril, Wan Hendri, dan Syahbudin ke PN Tanjungkarang, Bandarlampung, Provinsi Lampung, Senin (17/2/2020).

Selain itu, KPK juga menitipkan keempat terdakwa ini, masing-masing Agung Ilmu Mangkunegara dititipkan di Rutan Kelas IA Bandarlampung (Rutan Way Huwi), sedangkan tiga lainnya di Lapas Kelas I Bandarlampung (Lapas Rajabasa).

KPK membawa tiga koper berisi berkas dakwaan untuk keempat tersangka ke PN Tanjungkarang. Berkas dakwaan Agung Ilmu Mangkunegara paling tebal di antara berkas tersangka lainnya.

JPU KPK, Taufiq Ibnugroho mengatakan, pihaknya melimpahkan tiga berkas perkara. Karena Agung Ilmu Mangkunegara dan Raden Syahril memiliki keterkaitan, dimana Raden merupakan orang kepercayaan Agung, berkasnya dijadikan satu. Sementara berkas lainnya terpisah.

“Dari empat orang menjadi tiga berkas dakwaan, Agung dengan Raden, Syahbudin dan Wan Hendri sendiri,” kata Taufiq Ibnugroho.

Sementara itu, Juru Bicara KPK, Ali Fikri menyebutkan, tim JPU KPK telah melimpahkan berkas perkara keempat terdakwa, yakni Agung Ilmu Mangkunegara dan Raden Syahril, Wan Hendri, dan Syahbudin ke PN Tanjungkarang.

“Setelah perkara dilimpahkan KPK menunggu penetapan hari sidang dari Majelis Hakim Tipikor PN Tanjung Karang,” kata Ali, di Jakarta, Senin (17/2/2020).

Ia mengatakan, jaksa yang menangani perkara ini terdiri dari dua satgas penuntutan dan terdiri enam orang JPU. Selain melimpahkan berkas perkara, empat tersangka juga sudah dititipkan di Lapas maupun Rutan Bandarlampung.

Ali menambahkan, tersangka Agung Ilmu Mangkunegara dititipkan di Rutan Kelas IA Bandarlampung, sementara Raden Syahril, Wan Hendri, dan Syahbudin dititipkan di Lapas Kelas I Bandarlampung, Provinsi Lampung.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close