Nasional

Kowani akan Advokasi Aceh

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo mengatakan, Kowani mendukung upaya pemerintah untuk terus melakukan vaksinasi MR (vampak dan rubella).

Giwo di sela-sela Sidang Umum ke-35 International Council of Women di Yogyakarta, Sabtu (15/9/2018) mengatakan, dalam pelaksanaan vaksinasi MR itu, wilayah Aceh memiliki capaian yang paling rendah, yakni hanya tujuh persen.

Karena itu, ujarnya, Kowani akan melakukan berbagai langkah untuk mendukung keinginan pemerintah untuk meningkatkan lagi capaian.

“Kowani melalui bidang yang ada, akan bekerjasama dengan BKOW di provinsi maupun di kabupaten/kota untuk melakukan advokasi, sosialisasi dan mediasi serta meneruskan informasi-informasi dari Kementerian Kesehatan ke masyarakat secara langsung tentang pentingnya vaksinasi MR, risiko tidak vaksinasi serta promosi kesehatan lainnya,” kata Giwo.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Kowani tidak menangani kuratif, atau pengobatan karena itu menggunakan cara advokasi dan sosialisasi. “Juga ada gerakan masyarakat hidup sehat. Melalui gerakan ini juga akan kami lakukan sosialisasi,” tambahnya.

Sosialisasi dan advokasi itu, imbuhnya tidak hanya dilakukan kepada masyarakat secara langsung tetapi juga kepada pemerintah daerah setempat. Ia menyebutkan, langkahnya memang persuasif dan tidak dapat memaksakan keinginannya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close